Microsoft Akui Penjualan Xbox One Jauh di Bawah PlayStation 4

Kompas.com - 18/08/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Sejak 2015 lalu, Microsoft tak pernah menguak angka penjualan konsol game bikinannya. Menurut mereka, hal tersebut bukan merupakan patokan bagi kesuksesan sebuah bisnis.

Namun, angka penjualan salah satu konsol game mereka, yaitu Xbox One kini terkuak ke publik.

Hal ini mencuat dalam sebuah dokumen pengadilan Microsoft yang saat ini tengah menjalankan proses hukum di Brasil atas pembelian Activision Blizzard. 

Baca juga: Seluruh Konsol Xbox One Tak Diproduksi Lagi

Dalam dokumen itu, Microsoft mengakui bahwa konsol game mereka di generasi sebelumnya, yaitu Xbox One "hanya" terjual separuh dari total penjualan konsol game Sony di generasi yang sama, yaitu PS4.

"Sony telah melampaui Microsoft dalam hal penjualan unit konsol. Sebab, mereka berhasil menjual dua kali lipat lebih banyak unit dari penjualan konsol Xbox One," sebut Microsoft, dikutip KompasTekno dari GameLuster, Kamis (18/8/2022).

Sony sebelumnya mengeklaim bahwa mereka berhasil menjual sekitar 117,2 juta unit PS4 selama masa hidup konsol game tersebut.

Artinya, Xbox One, apabila mengacu pada pernyataan Microsoft tadi, berhasil terjual sekitar 58,5 juta unit sepanjang ketersediaannya di pasaran.

Angka ini sejalan dengan prediksi para analis, yang mengeklaim bahwa penjualan Xbox One berada di angka 50 juta unit.

Baca juga: Penjualan Konsol PlayStation 4 Tembus 110 Juta Unit

Dengan kata lain, Microsoft kalah telak dari Sony untuk soal penjualan konsol game mereka di generasi yang lalu.

Ilustrasi Controller PS4PCWorld Ilustrasi Controller PS4

Saat ini, Microsoft tampaknya ingin mengembalikan keadaan dengan merayu pemain untuk beralih ke konsol game terbaru mereka, Xbox Series X/S.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.