Tokopedia Klaim Punya 12 Juta Penjual, Ini 5 Daerah dengan Peningkatan Tertinggi

Kompas.com - 18/08/2022, 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokopedia pekan ini merayakan hari jadinya (HUT) yang ke-13. Dalam momen tersebut, Tokopedia mengungkap jumlah penjual dan pembeli terbanyak berdasar daerahnya.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz di acara "Media Gathering 13ersama Tokopedia" Kamis (18/8/2022), membeberkan lima kabupaten di Indonesia yang memiliki peningkatan jumlah pembeli tertinggi di Tokopedia.

Kelima kabupaten itu jumlah peningkatan pembelinya mencapai sekitar 3,5 lipat selama satu tahun terakhir (Agustus 2021-Agustus 2022). Mereka adalah:

  • Kabupaten Bantaeng (Sulawesi Selatan)
  • Halmahera (Maluku Utara)
  • Takalar (Sulawesi Selatan)
  • Jeneponto (Sulawesi Selatan)
  • Asmat (Papua Selatan)

Lalu, marketplace yang identik dengan warna hijau ini juga mengumbar lima daerah yang memiliki peningkatan jumlah penjual tertinggi selama satu tahun terakhir. Kelima daerah tersebut mencakup:

  • Kabupaten Pakpak Bharat (Sumatera Utara)
  • Teluk Bintuni (Papua Barat)
  • Banggai Kepulauan (Sulawesi Tengah)
  • Pasangkayu (Sulawesi Barat)
  • Kepulauan Anambas (Kepulauan Riau)

Terkait jumlah penjual, Chief Technology Officer (CTO) Tokopedia Herman Widjaja turut mengeklaim bahwa jumlah penjual yang ada di Tokopedia sendiri kini sudah mencapai lebih dari 10 juta penjual, di kisaran 12-an juta.

Baca juga: Pesan GoFood Kini Bisa Langsung Lewat Aplikasi Tokopedia

"Saat ini kami sudah melayani lebih dari 12 juta penjual, di mana 85 persen di antaranya merupakan penjual baru, dan hampir 100 persen dari mereka merupakan UMKM lokal," kata Herman di kesempatan yang sama.

Untuk menambah dan meningkatkan kualitas penjual, Tokopedia turut menghadirkan sejumlah program seperti Pusat Edukasi Seller, Kelas Maju Digital, Sekolah Kilat Seller, hingga Komunitas Keluarga Tokopedia (K-Top).

“Kami juga menghadirkan beberapa inisiatif seperti Hyperlocal yang bisa mendekatkan penjual dengan pembeli di satu tempat, supaya UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk tumbuh," pungkas Herman.

Indonesia Timur menggeliat

Perusahaan rintisan William Tanujaya itu mencatat berbagai pencapaian bisnis positif. Salah satunya adalah adanya peningkatan transaksi rata-rata 9 (sembilan) kali lipat di sejumlah wilayah di Indonesia bagian timur, selama satu tahun terakhir.

Menurut wanita yang akrab disapa Kiki itu, ada empat kabupaten di wilayah Indonesia bagian timur yang memiliki peningkatan jumlah transaksi hingga sembilan kali lipat, mereka adalah:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.