Survei: Pengguna Android Tertarik Pindah ke iPhone Berkat iOS 16

Kompas.com - 19/08/2022, 08:02 WIB

KOMPAS.com - Sebuah survei terbaru memperlihatkan bahwa para pengguna ponsel Android tertarik untuk beralih ke iPhone. Musababnya, iPhone dinilai sebagai ponsel yang lebih aman, terutama dengan adanya fitur keamanan baru yang dibawa iOS 16.

Temuan tersebut terungkap dari survei kepada 1.003 responden, yang terdiri dari 505 pengguna ponsel Android dan 498 pengguna iPhone di Amerika Serikat. Survei ini diinisiasi oleh perusahaan keamanan Beyond Identity.

Dari hasil survei tersebut, Beyond Identity mengungkapkan bahwa 33 persen pengguna Android mempertimbangkan untuk beralih ke Apple.

Hampir setengahnya (49 persen) menyebutkan alasan utama pengguna Android berniat "hijrah" ke iPhone adalah karena keunggulan keamanan dan privasi yang dirasakan dari sistem operasi iOS bikinan Apple.

Baca juga: Apa yang Terjadi jika Tak Update iOS pada iPhone? Begini 3 Dampaknya

Sistem operasi iOS 16 ini membawa setidaknya 9 fitur keamanan dan privasi yang baru. Misalnya, ada fitur "Lockdown Mode" (Mode Penguncian) dengan tingkat keamanan "ekstrem" bagi para aktivis, jurnalis, dan lainnya yang menjadi sasaran serangan siber canggih.

Saat diaktifkan, Lockdown Mode secara ketat membatasi atau menonaktifkan fungsionalitas banyak fitur iPhone, serta mengunci aplikasi dan situs web.

Ada fitur "Emergency Reset" untuk menghapus semua kontak darurat sekaligus mengatur ulang ID Apple dan kata sandi pengguna dalam sekali ketukan. Sehingga tidak ada yang bisa masuk ke akun pengguna.

Ada pula fitur "Passkey" (kunci sandi) yang disebut lebih aman ketimbang kata sandi (password) tradisional. Passkey ini menggunakan sistem iCloud Keychain, yang memerlukan autentikasi dua faktor untuk lapisan perlindungan.

iOS 16 sendiri kini masih dalam versi public beta. Versi final dari iOS 16 diperkirakan bakal dirilis secara resmi kepada publik menjelang musim gugur 2022, atau sekitar bulan September hingga Oktober.

Baca juga: Apple Bawa Fitur yang Paling Ditunggu Pengguna iPhone di iOS 16 Versi Beta Terbaru

iPhone dinilai lebih aman

Dalam survei yang sama, Beyond Identity juga bertanya pada responden mengenai kebiasaan dan sentimen terkait keamanan ponsel. Pertanyaan ini ditujukan kepada responden pemilik ponsel flagship iPhone 13 Pro Max dan Samsung Galaxy S22 Ultra.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.