Kompas.com - 20/08/2022, 14:02 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Galaxy Z Fold 4 menjadi ponsel lipat andalan Samsung yang diluncurkan awal Agustus lalu. Samsung Z Fold 4 hadir dengan menawarkan fitur yang penunjang produktivitas dan kegiatan membuka banyak aplikasi (multitasking) penggunanya.

Untuk lebih memperlancar hal tersebut, suksesor Galaxy Z Fold 3 itu kini dibekali dengan fitur Taskbar yang disebut akan membantu pengguna melakukan kegiatan multitasking di smartphone lebih "sat set" alias cepat.

Sama seperti taskbar di komputer atau PC yang memuat beragam ikon aplikasi dan tombol Start, Taskbar di Galaxy Z Fold 4 ini bakal muncul di bagian bawah layar.

Tampilan Taskbar sendiri bakal otomatis muncul ketika pengguna membuka suatu aplikasi. Pada tampilan awal, Taskbar akan memuat aplikasi-aplikasi favorit terpajang di bagian bawah (dock) pada halaman utama (homescreen).

Baca juga: Kesan Pertama Menjajal Samsung Galaxy Z Fold 4, Lebih Enteng, Mulus, dan Kokoh

Namun ketika membuka banyak aplikasi, ukuran Taskbar akan semakin mengecil, dan aplikasi-aplikasi yang sedang dibuka bakal disusun secara berderet (horisontal) di sebelah kanan ikon-ikon aplikasi favorit tadi.

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia (SEIN), Verry Octavianus mengatakan bahwa ukuran Taskbar akan bergantung pada aktivitas pengguna.

"Ukuran taskbar bisa diperbesar atau diperkecil sesuai dengan banyaknya aplikasi yang dibuka," ujar Verry kepada KompasTekno di sela acara "Galaxy Unpacked" di New York, Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Jika melihat gambar di bawah ini, bisa dilihat bahwa deretan aplikasi favorit yang ada di dock, seperti Phone, Messages, Gmail, Chrome, hingga YouTube bakal tampil di Taskbar di sebelah kiri.

Baca juga: Dua Fitur Fotografi ini Jadi Andalan Kamera Samsung Galaxy Z Fold 4

Tampilan Taskbar di Galaxy Z Fold 4.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Tampilan Taskbar di Galaxy Z Fold 4.

Lalu, ikon-ikon tersebut akan dipisahkan dengan garis, di mana di sebelah kanannya akan ada beberapa ikon aplikasi yang sedang dibuka seperti Tokopedia hingga Play Store.

Pantauan KompasTekno, hanya akan ada dua aplikasi yang sedang dibuka yang akan ditampilkan di Taskbar. Jika pengguna membuka lebih dari dua, maka sistem akan memilih aplikasi yang baru saja ditutup atau dibuka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.