Kompas.com - 21/08/2022, 09:35 WIB

KOMPAS.com - Kompetisi e-sports game Mobile Legends bertaraf internasional, M4 World Championship Mobile Legends akan digelar di Jakarta tahun depan.

Kabar ini diumumkan dalam sebuah video teaser yang ditayangkan kanal YouTube dan akun media sosial MPL Indonesia dengan handle @mpl.id.official.

Pengembang game Mobile Legends, Moonton resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan dunia M4 World Championship yang akan diselenggarakan secara luring di Jakarta mulai 1-15 Januari 2023.

Baca juga: Catat, Tanggal Dimulainya Turnamen M4 Mobile Legends World Championship

"M4 World Championship akan berlangsung di Jakarta, Indonesia. Ini adalah pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah Event Esports MLBB terbesar," tulis akun @mpl.id.official.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MPL Indonesia (@mpl.id.official)

Sebelumnya, Indonesia sempat dirumorkan bakal menjadi salah satu negara yang berkesempatan untuk menggelar perhelatan M2 World Championship pada Januari 2021 lalu.

Namun karena terdampak pandemi Covid-19 rencana tersebut harus ditunda, sehingga mengakibatkan M2 World Championship akhirnya dilaksanakan secara luring di Singapura.

M4 World Championship akan mempertemukan kembali 16 tim e-sports profesional yang berasal dari berbagai negara.

Baca juga: Klasemen MPL S10 Pekan Pertama, RRQ Hoshi di Papan Atas

Setiap negara bakal menampilkan tim-tim e-sports yang menjadi jawara di setiap ajang M-World Championship Series, termasuk Indonesia yang akan diwakili oleh finalis MPL ID.

Adapun daftar negara yang mengirimkan perwakilan tim di ajang M4 World Championship 2022 adalah sebagai berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari video teaser MPL Indonesia, Minggu (21/8/2022).

  • Indonesia - MPL Indonesia
  • Filipina - MPL Filipina.
  • Malaysia - MPL Malaysia.
  • Singapura - MPL Singapura.
  • Kamboja - MPL Kamboja.
  • Timur Tengah (Middle East/MENA) - MPL MENA.
  • Myanmar - Myanmar Qualifier.
  • Turkey - MPL Turki.
  • Amerika Utara - MPL North America.
  • Latam - MLSL.
  • Brasil - MPL Brasil.
  • Thailand, Laos dan Vietnam - Mekong Qualifier.

Peserta akan saling adu kemampuan untuk memperebutkan hadiah dengan total mencapai 800.000 dolar AS atau sekitar Rp 11,9 miliar (kurs Rp 14.800).

Beberapa tahun belakangan, Indonesia sempat mencatat prestasi yang gemilang di ajang M-World Championhip Series.

Baca juga: Profil RRQ Hoshi yang Jadi Juara MPL ID Season 9

Pada M1 World Championshi yang digelar di Malaysia pada November 2019 lalu, tim Evos Legends yang mewakili Indonesia berhasil membawa pulang trofi juara dan mendapatkan hadiah utama uang tunai senilai 80.000 dollar AS (sekitar Rp 1,1 miliar, kurs 1 dolar AS = Rp 14.800).

Lantas, akankah Indonesia kembali mengulang sejarah manis tersebut? Kita nantikan saja jawabannya saat M4 World Championship yang digelar awal tahun 2023 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.