Kompas.com - 21/08/2022, 19:01 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold 4 dibekali dukungan aksesori pena digital (stylus) khas Samsung yang bernama S Pen.

Seperti diketahui, dukungan S Pen juga hadir di pendahulu ponsel lipat teranyar Samsung ini, yaitu Galaxy Z Fold 3. Berbeda dari seri Galaxy Note, S Pen di seri Galaxy Z Fold tidak memiliki kompartemen (slot) terintegrasi untuk menyimpan S Pen.

Satu hal yang membuat penggemar Samsung penasaran adalah, apakah S Pen di Galaxy Z Fold 3 bisa digunakan di Samsung Z Fold 4?

Baca juga: Taskbar Baru Samsung Galaxy Z Fold 4 Bikin Multitasking Semakin Sat set

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia (SEIN) Verry Octavianus mengatakan bahwa hal itu sangat bisa dilakukan.

"Pengguna Galaxy Z Fold 4 bisa menggunakan S Pen Galaxy Z Fold 3 tanpa ada pengurangan fitur. Selain itu, dukungan latency S Pen Galaxy Z Fold 4 juga sama dengan pendahulunya, yaitu 3,3 ms," jelas Verry kepada KompasTekno di sela acara "Galaxy Unpacked" di New York, Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Selain S Pen khusus Galaxy Z Fold Series (Fold Edition), Galaxy Z Fold 4, juga mendukung S Pen varian "Pro" yang memiliki form factor lebih panjang.

Baca juga: Stylus Samsung S Pen Pro Lolos Sertifikasi Postel, Segera Masuk Indonesia?

Tidak bisa menggunakan S Pen Galaxy S22 Ultra

Meski demikian, Verry menegaskan bahwa pengguna Samsung Z Fold 4 tidak bisa memakai S Pen yang dijual bersama Galaxy S22 Ultra. Sebab, S Pen tersebut memiliki beberapa fitur khusus yang dirancang untuk Galaxy S22 Ultra.

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia (SEIN), Verry Octavianus di sela acara Galaxy Unpacked Agustus 2022 di New York, Amerika Serikat.KOMPAS.com/BILL CLINTEN MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia (SEIN), Verry Octavianus di sela acara Galaxy Unpacked Agustus 2022 di New York, Amerika Serikat.

"Galaxy Z Fold 4 tidak bisa menggunakan S Pen Galaxy S22 Ultra karena aksesori tersebut memiliki fitur yang lebih lengkap seperti Airdrop dan lain sebagainya," ujar Verry.

"Selain itu, layar Galaxy Z Fold 4 juga tidak bisa menerima input dari S Pen Galaxy S22 Ultra, karena sejatinya memiliki sistem layar yang berbeda," imbuh Verry.

Kendati mendukung S Pen, aksesori tersebut sejatinya tak bisa didapatkan bersama dengan kotak penjualan Galaxy Z Fold 4. Artinya, konsumen harus membelinya secara terpisah apabila ingin mengandalkan berbagai fitur dari S Pen.

Baca juga: Dua Fitur Fotografi ini Jadi Andalan Kamera Samsung Galaxy Z Fold 4

Verry tidak menjelaskan harga berikut ketersediaan S Pen untuk Galaxy Z Fold 4 yang dijual terpisah tersebut. Namun pantauan KompasTekno di situs Samsung.com, pengguna bisa menambahkan paket "Galaxy Z Fold 4 Note Package" ketika melakukan pemesanan Samsung Z Fold 4.

Paket tersebut bernilai Rp 1,2 juta dan di dalamnya, Anda akan mendapatkan S Pen, pembungkus (casing) yang sudah dilengkapi dengan kompartemen S Pen, serta Super Fast Charging Travel Adaptor 25W.

Adapun banderol Galaxy Z Fold 4 sendiri dipatok di angka termurah Rp 25 juta untuk varian 12 GB/256 GB. Untuk melihat spesifikasi dan harga Samsung Z Fold 4, bisa menyimak artikel "Tabel Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Z Fold 4 di Indonesia".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.