Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur "Advanced Sleep Coaching" Jadi Andalan di Galaxy Watch 5 Series, Apa Itu?

Kompas.com - 22/08/2022, 11:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

NEWY YORK, KOMPAS.com - Galaxy Watch 5 Series, yang terdiri dari Watch 5 dan Watch 5 Pro, merupakan duo arloji pintar (smartwatch) Samsung yang diklaim dapat membantu penggunanya untuk mewujudkan kehidupan yang lebih sehat.

Untuk mencapai hal tersebut, Galaxy Watch 5 Series dibekali dengan berbagai fitur dan teknologi canggih, salah satu yang menjadi sorotan adalah teknologi "Advanced Sleep Coaching".

EVP and Head of Health R&D Team Mobile eXperience Business Samsung Electronics, TaeJong Jay Yang mengatakan bahwa teknologi ini bisa membantu menganalisis pola tidur pengguna melalui sebuah program yang dirancang selama lima minggu ke depan.

Baca juga: Samsung Ungkap Kecanggihan Teknologi Sleep Tracking di Galaxy Watch 5 Series

Program tersebut nantinya bisa dilihat melalui aplikasi Samsung Health, sehingga pengguna akan tahu bagaimana aktivitas tidur mereka, begitu juga menerima masukan dari aplikasi untuk melatih aktivitas tidur yang lebih baik dan sehat.

TaeJong menjelaskan bahwa program "latihan tidur" ini sendiri didukung oleh berbagai teknologi dan sensor teranyar yang ada di Galaxy Watch 5 Series.

“Teknologi ini tentunya didukung oleh beragam sensor, seperti Bioactive Sensor yang dapat merekam aktivitas pengguna melalui sensor biometrik secara akurat," ujar TaeJong dalam sesi "Samsung Health/Galaxy Watch 5 Briefing" di New York, Amerika Serikat (AS) pekan lalu.

EVP and Head of Health R&D Team Mobile eXperience Business, Samsung Electronics, TaeJong Jay Yang.Samsung EVP and Head of Health R&D Team Mobile eXperience Business, Samsung Electronics, TaeJong Jay Yang.

Ketika memantau pola tidur pengguna, Advanced Sleep Coaching bakal mendeteksi serta merekam beberapa aktivitas pengguna ketika tertidur lelap.

Beberapa di antaranya seperti mendeteksi intensitas dengkuran, serta menilai kualitas tidur dengan poin yang metriknya berdasarkan tingkat stres dan oksigen dalam darah.

Baca juga: Samsung Galaxy Watch 5 dan Watch 5 Pro Resmi Meluncur, Ini Harganya

Agar bisa memberikan tips dan saran yang efektif kepada pengguna, TaeJong mengatakan bahwa Samsung bekerja sama dengan sejumlah pihak.

Di antaranya seperti National Sleep Foundation di AS, serta laboratorium di Universitas California di kota San Diego dan San Francisco.

Menariknya, TaeJong menjelaskan bahwa program Advanced Sleep Coaching ini bisa dinikmati secara cuma-cuma oleh pengguna Galaxy Watch 5 Series.

"Kami menawarkan program Advanced Sleep Coaching bagi pengguna secara gratis, sebagai hasil kolaborasi kami dengan Samsung Medical Center," klaim TaeJong.

Selain pemantau kualitas tidur, TaeJong juga mengatakan bahwa Galaxy Watch 5 Series dibekali dengan fitur-fitur unggulan lainnya, mencakup sensor temperatur dan infrared.

"Kami kini menghadirkan sensor temperatur dan infrared untuk merekam aktivitas tubuh, termasuk kualitas kesehatan dan kualitas tidur tadi, dengan akurat. Sensor-sensor ini akan terus kami kembangkan ke depannya," imbuh  TaeJong.

Jadi perangkat penunjang medis

Samsung Galaxy Watch 5 Series.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Samsung Galaxy Watch 5 Series.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com