BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Usung The Portrait Expert, Ini Deretan Keunggulan Inovasi Kamera Canggih Oppo Reno8 Series

Kompas.com - 22/08/2022, 18:05 WIB

KOMPAS.comOppo akhirnya meluncurkan Reno8 Series secara resmi di pasar Indonesia pada Senin (15/8/2022). Seri ponsel yang mengusung tagline “The Portrait Expert” ini terdiri dari Oppo Reno8 Pro 5G, Oppo Reno8 5G, Oppo Reno8 Z 5G, dan Oppo Reno8.

Sesuai tagline yang diusung, Oppo Reno8 Series mengunggulkan konfigurasi kamera mumpuni dan fitur canggih berbasis artificial intelligence (AI). Bahkan, guna mempertegas hal tersebut, Oppo membekali sensor kamera kelas flagship dari Sony, Ultra Night Video, serta kamera Microlens 30x.

Lantas, seperti apa keunggulan kamera yang ditawarkan Oppo Reno8 Series?

1. Hasil foto dan video jernih

Oppo tidak pernah setengah-setengah membenamkan inovasi teknologi kamera pada seri Reno. Ini terbukti dari penyematan sensor dua sensor kamera kelas flagship dari Sony, yakni IMX 709 RGBW untuk kamera depan dan IMX 766 pada kamera belakang.

Dua sensor kamera tersebut disematkan pada Oppo Reno8 Pro 5G dan Oppo Reno8 5G. Berkat dua sensor itu, pengguna dapat menghasilkan foto dan video ultrajernih sehingga hasil fotografi dan videografi semakin menawan.

Baca juga: Meriahkan HUT RI, Oppo Reno8 Series Buktikan Hasil Kameranya di Pameran 77 Portrait Anak Bangsa

Untuk Reno8, Oppo membenamkan sensor IMX709 pada kamera depan. Sensor ini memberikan pengalaman berbeda dalam mengambil swafoto.

Untuk foto, fitur Night Portrait dibenamkan Oppo. Fitur ini diklaim dapat memberikan foto potret malam hari yang jernih berkat algoritma Turbo RAW yang ditingkatkan. Risiko noise pun dapat diminimalisasi pada tiga lapisan warna R/G/B secara paralel dalam format RAW.Dok. Oppo Indonesia Untuk foto, fitur Night Portrait dibenamkan Oppo. Fitur ini diklaim dapat memberikan foto potret malam hari yang jernih berkat algoritma Turbo RAW yang ditingkatkan. Risiko noise pun dapat diminimalisasi pada tiga lapisan warna R/G/B secara paralel dalam format RAW.

2. Foto dan video malam tanpa noise

Tak sekadar sensornya saja, seri Reno terbaru memberikan penyegaran pada fitur kamera, terutama untuk perekaman video. Oppo membekali Reno8 5G dengan fitur Ultra Night Video dan Ultra HDR Video serta teknologi kecerdasan buatan atau AI.

Dengan fitur itu, kreator konten dapat menghasilkan video malam hari dengan jelas, tanpa noise, dan tidak blur.

Adapun Ultra Night Video dan Ultra HDR Video bekerja secara otomatis mendeteksi cahaya sekitar ketika mengambil gambar di malam hari atau di lingkungan rendah cahaya.

Dengan begitu, fitur tersebut dapat meningkatkan kualitas gambar, ekspresi warna, mempertajam garis wajah, serta mencegah kehilangan detail pada subyek foto dalam siluet karena cahaya latar yang kuat.

Baca juga: Oppo Luncurkan Sederet Seri Reno8 dan Perangkat IoT Terbaru

Untuk foto, fitur Night Portrait dibenamkan Oppo. Fitur ini diklaim dapat memberikan foto potret malam hari yang jernih berkat algoritma Turbo RAW yang ditingkatkan. Risiko noise pun dapat diminimalisasi pada tiga lapisan warna R/G/B secara paralel dalam format RAW.

Hal menarik lain dari Oppo Reno8 Series adalah NPU MariSilicon X. NPU yang dirancang khusus oleh Oppo ini dibenamkan pada Oppo Reno8 Pro 5G. Dengan MariSilicon X, baik foto maupun video yang dihasilkan semakin jelas dan jernih sekalipun diambil di lingkungan minim cahaya.

3. Hasil selfie natural

Demi memanjakan pengguna Oppo yang hobi selfie atau swafoto, Oppo Reno8 juga menyematkan fitur Ultra Sensing Selfie untuk melengkapi sensor IMX709 dari Sony. Dengan fitur ini, foto yang dihasilkan tampak lebih sempurna sehingga menarik untuk diunggah di media sosial (medsos).

Shot on Oppo Reno8.Dok. Oppo Indonesia Shot on Oppo Reno8.

4. Mampu hasilkan gambar mikroskopis detail dan bokeh

Oppo Reno8 dapat menghasilkan foto mikroskopis yang detail berkat kamera makro 2 megapiksel (MP) bukaan f/2.4 dan fitur 30x Microlens.

Gambar mikroskopis yang dihasilkan juga semakin detail berkat fitur Orbit Light yang khusus dihadirkan pada varian Oppo Reno8. Fitur ini menyempurnakan detail pada gambar.

Baca juga: Resmi Dibuka, Oppo Gallery Gandaria City Hadirkan Konsep Segar Kolaborasi Seni dan Teknologi

Bagi pengguna yang menyukai foto bokeh, Oppo menyematkan fitur Bokeh Flare Portrait dengan kemampuan yang sudah ditingkatkan. Foto bokeh yang dihasilkan lebih baik ketimbang seri pendahulunya.

Itulah keunggulan smartphone Oppo Reno8 Series. Dengan keunggulan itu, maka tak heran Oppo melabeli Reno8 Series sebagai “The Portrait Expert”.

Selain unggul di sisi kamera, Oppo Reno8 Series juga punya kelebihan lain. Dari segi desain, misalnya. Oppo Reno8 mengusung tema Retro Ultra Slim yang disempurnakan dengan teknologi Oppo Glow yang ikonik. Teknologi ini membuat bodi Oppo Reno8 dapat menampilkan berbagai warna, tahan terhadap goresan ringan, serta bebas sidik jari.

Sementara pada Reno8 5G, Oppo mengusung konsep streamlined unibody design yang biasanya hanya bisa ditemukan di desain smartphone kelas flagship yang menghadirkan efek visual gradien dan tahan sidik jari.

Konsep streamlined unibody design yang biasanya hanya bisa ditemukan di desain smartphone kelas flagship.Dok. Oppo Indonesia Konsep streamlined unibody design yang biasanya hanya bisa ditemukan di desain smartphone kelas flagship.

Dari segi daya, Oppo Reno8 5G dilengkapi kapasitas baterai sebesar 4.500 mili ampere per hour (mAh) dan dilengkapi teknologi 80W SuperVOOC yang dapat mengisi daya hingga 50 persen dalam 11 menit.

Baca juga: Rayakan HUT Ke-77 Republik Indonesia, Oppo Gelar Kampanye #77PortraitAnakBangsa

Sementara itu, Oppo Reno8 dibekali baterai berkapasitas 4.500 mAh juga sudah dilengkapi teknologi pengisian daya cepat 33W SuperVOOC. Teknologi ini membuat pengisian daya hingga penuh dapat dicapai dalam waktu 60 menit.

Dari segi prosesor, Oppo Reno8 dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 680 4G yang dapat menghadirkan kinerja cepat sekaligus menyeimbangkan konsumsi daya. Oppo Reno8 juga mengusung konfigurasi random access memory (RAM) sebesar 8 gigabita (GB) yang sudah dilengkapi teknologi Ekspansi RAM hingga 5 GB.

Untuk sektor penyimpanan, ruang internal (ROM) Oppo Reno8 terbilang cukup lapang sebesar 256 GB dan dapat diperluas dengan tambahan kartu microSD hingga 1 terabita (TB).

Lalu, Oppo Reno8 5G dilengkapi dapur pacu prosesor MediaTek Dimensity 1300 5G SoC. Varian ini memiliki konfigurasi RAM dan ROM yang sama dengan Oppo Reno8.

Reno8 Series merupakan seri smartphone Oppo pertama yang memiliki ColorOS 12 bawaan. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengakses secara langsung ke sistem operasi dengan lebih nyaman dan lancar.

Baca juga: Segera Meluncur, Oppo Reno8 Series Bawa Desain dan Kamera Kelas Flagship

Pada Reno8 5G, Oppo menyematkan fitur Battery Health Engine dan sistem pendingin Liquide Super-Conductive Vapor Chamber (VC) dengan kemampuan yang sudah ditingkatkan.

Oppo Reno8 dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 680 4G yang dapat menghadirkan kinerja cepat sekaligus menyeimbangkan konsumsi daya. Oppo Reno8 juga mengusung konfigurasi random access memory (RAM) sebesar 8 gigabita (GB) yang sudah dilengkapi teknologi Ekspansi RAM hingga 5 GB.Dok. Oppo Indonesia Oppo Reno8 dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 680 4G yang dapat menghadirkan kinerja cepat sekaligus menyeimbangkan konsumsi daya. Oppo Reno8 juga mengusung konfigurasi random access memory (RAM) sebesar 8 gigabita (GB) yang sudah dilengkapi teknologi Ekspansi RAM hingga 5 GB.

Sebagai informasi, Oppo Reno8 5G dan Oppo Reno8 dapat dipesan mulai 15-25 Agustus 2022. Pada periode ini, kamu berkesempatan mendapatkan total keuntungan pre-order senilai Rp 2.499.000 berupa hadiah eksklusif Oppo Band untuk pembelian perangkat Oppo Reno8 5G dan hadiah Reno8 Soundbokz untuk pembelian Oppo Reno8.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan cashback sebesar Rp 100.000 untuk pembelian Oppo Enco Buds2 dan Oppo Enco Air2 Pro secara bundling dengan Oppo Reno8 Series.

Pihak Oppo juga menghadirkan program cicilan, seperti bunga 0 persen dan cashback hingga Rp 500.000 untuk bank partner.

Oppo Reno8 5G dibanderol dengan harga Rp 7.999.000, sedangkan Oppo Reno8 dibanderol Rp 4.999.000. Untuk mendapatkannya, kamu bisa memesan secara daring melalui berbagai e-commerce terkemuka. Khusus melalui Shopee, kamu bisa mendapat manfaat tambahan SpayLater bunga 0 persen dan cicilan hingga 12 bulan.

Sementara, untuk pemesanan luring atau offline bisa dilakukan di jaringan Oppo Store dan partner retail resmi Oppo di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Oppo Reno8 Series dan IoT terbaru Oppo, klik tautan berikut

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.