6 Kampus di Indonesia yang Punya Mata Kuliah atau Jurusan Game

Kompas.com - Diperbarui 23/08/2022, 08:55 WIB

KOMPAS.com- Apakah ada sekolah game di Indonesia? Terdapat beberapa kampus dengan jurusan game development di Indonesia. Terbaru, sebagaimana sempat diwartakan sebelumnya, Universitas Indonesia (UI) bakal memiliki mata kuliah (matkul) game.

Di UI, matkul game, e-sports, dan kecerdasan buatan (AI) akan ditambahkan pada Program Studi Produksi Media Program Pendidikan Vokasi. Sebelum UI bakal menambahkan mata kuliah itu, sejatinya sudah ada beberapa kampus yang punya jurusan game.

Baca juga: Pengalaman Menjajal Game Tower of Fantasy, Rival Baru Genshin Impact

Lantas, apa saja kampus yang punya jurusan game? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar kampus dengan jurusan game di Indonesia.

Daftar kampus dengan jurusan game di Indonesia

1. ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

ITS punya matkul game pada Program Pascasarjana (S2) Teknologi Informatika Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas. Di program tersebut, terdapat matkul yang mempelajari tentang pengembangan game, virtual reality, dan augmented reality.

2. ITB (Institut Teknologi Bandung)

Jurusan game di ITB juga ditawarkan melalui Program Pascasarjana (S2). Lewat jurusan teknologi media digital dan game, terdapat beberapa matkul yang bisa diambil, seperti Game Engine Design & Development, Intelligent Game Theory, dan lainnya.

Baca juga: Game Sepak Bola FIFA 23 Sempat Dijual Rp 800 di Epic Games Store

3. Binus University

Di Binus University, jurusan game ditawarkan melalui Program Sarjana (S1) Game Application and Technology. Melalui jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari tentang pengembangan aplikasi dalam industri game.

4. PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)

PENS menawarkan jurusan game melalui Program Studi D4 Teknologi Game. Di salah satu jurusan PENS tersebut, mahasiswa akan dibekali dengan kemampuan yang berkaitan dengan industri game, termasuk dari segi teknis hingga bisnis.

5. PNMK (Politeknik Negeri Media Kreatif)

Sama halnya PENS, PNMK juga menawarkan jurusan game melalui Program D4. Lewat jurusan Teknologi Permainan, mahasiswa belajar mengenai pengembangan game, termasuk juga dengan desain visualnya.

6. STMM (Sekolah Tinggi Multi Media) Yogyakarta

Di STMM Yogyakarta, jurusan game ditawarkan melalui Program Studi Teknologi Permainan. Pada program studi tersebut, terdapat mata kuliah seperti Sound Effect, Game Interface, Animasi Game, Perancangan Sistem Game, dan sebagainya.

Baca juga: Proyek Game NFT Mandek Akibat Pasar Kripto Anjlok

Demikianlah penjelasan seputar enam daftar kampus yang menawarkan mata kuliah atau jurusan game di Indonesia, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.