Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Bikin Komponen Galaxy Z Fold 4 dkk dari Jaring Ikan Daur Ulang

Kompas.com - 23/08/2022, 07:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung baru saja merilis beberapa produk baru, termasuk duo ponsel lipat Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4. Namun, siapa sangka bahwa beberapa komponen yang disematkan di produk anyar Samsung ternyata terbuat dari material daur ulang.

Hal itu merupakan realisasi dari visi Samsung untuk menjadi perusahaan yang ramah lingkungan pada 2025 mendatang.

Untuk mewujudkan hal tersebut, perusahaan asal Korea Selatan itu melakukan beragam strategi khusus, salah satunya adalah memakai bahan daur ulang di aneka perangkat terbarunya.

Baca juga: S Pen Z Fold 3 Bisa Dipakai di Samsung Z Fold 4, Galaxy S22 Ultra Juga?

Perangkat yang dimaksud adalah Samsung Galaxy Z Fold 4, Galaxy Z Flip 4, Galaxy Watch 5, dan Galaxy Buds 2 Pro.

Materials R&D Manager MX Business Samsung Electronics, Pranveer Singh Rathore mengatakan bahwa beberapa komponen perangkat-perangkat tersebut dibuat dari jaring ikan yang didaur ulang dan diperkuat, atau biasa dijuluki sebagai "Repurposed Fishing Nets".

"Lebih dari 640.000 ton jaring ikan terbengkalai dan menjadi sampah di lautan samudera setiap tahun. Untuk meminimalisir hal itu, kami memanfaatkan kembali sampah tersebut untuk beberapa komponen perangkat terbaru kami," ujar Pranveer dalam acara "Galaxy for The Planet" yang digelar di New York, Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Baca juga: Taskbar Baru Samsung Galaxy Z Fold 4 Bikin Multitasking Semakin Sat set

Galaxy Z Fold 4 yang dibuat dengan repurposed fising nets dan post-consumer materials.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Galaxy Z Fold 4 yang dibuat dengan repurposed fising nets dan post-consumer materials.

Pada Samsung Z Fold 4, bahan jaring ikan dipakai di komponen Display Connector Cap hingga Side Key Bracket, sedangkan material yang sama digunakan pada Side Key Bracket pada Galaxy Z Flip 4.

Selain jaring ikan, Pranveer mengatakan bahwa beberapa komponen di seluruh perangkat Samsung Galaxy terbaru juga dirancang menggunakan sampah daur ulang yang berasal dari masyarakat alias "Post-Consumer Materials".

Misalnya, komponen bagian dalam pada tombol operasi di Galaxy Watch 5 Series dan sejumlah lapisan, serta modul-modul penghubung di Galaxy Buds 2 Pro.

"Bahkan, Galaxy Buds 2 Pro merupakan satu-satunya perangkat kami yang 90 persen materialnya berasal dari bahan daur ulang seperti Repurposed Fishing Nets dan Post-Consumer Materials tadi," klaim Pranveer.

Baca juga: Kesan Pertama Menjajal Samsung Galaxy Z Fold 4, Lebih Enteng, Mulus, dan Kokoh

Mengganti material kotak penjualan

Selain menggunakan komponen daur ulang, Samsung juga mengganti material kotak penjualan Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4 menjadi kertas daur ulang yang lebih ramah lingkungan.

Kemudian, kotak penjualan kedua perangkat tersebut kini memiliki ukuran dan volume lebih kecil dari generasi pertamanya.

Kotak Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4 membantu menyelamatkan 51.000 pohon dunia.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Kotak Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4 membantu menyelamatkan 51.000 pohon dunia.

Menurut Pranveer, ukuran dan volume kotak penjualan Galaxy Z Fold 4 kini lebih kecil 58,2 persen dibanding Galaxy Fold, sedangkan kotak penjualan Samsung Z Flip 4 menyusut 52,8 persen dari Galaxy Z Flip.

Baca juga: Layar Kecil di Samsung Galaxy Z Flip 4 Kini Lebih Banyak Fungsinya

Dengan penggunaan 100 persen kertas daur ulang dan memangkas ukuran kotak penjualan, Pranveer mengeklaim bahwa Samsung bisa menyelamatkan puluhan ribu pohon dalam satu tahun.

"Lewat kertas daur ulang di kotak penjualan Galaxy Z Fold 4, Flip 4, begitu juga Galaxy S22 Series, kami membantu untuk menyelamatkan 51.000 pohon dalam setahun," klaim Pranveer.

Untuk rencana ke depannya, Pranveer mengeklaim Samsung akan terus mengembangkan proyek keberlangsungan hidup lingkungan (sustainability) untuk membuat dunia lebih baik. 

Dia pun berpendapat bahwa pihaknya mungkin bisa saja membuat perangkat yang sepenuhnya atau 100 persen dibuat dari bahan daur ulang, tidak hanya komponen-komponennya saja seperti komponen di perangkat Galaxy terbaru yang disebutkan di atas.

"Saya pikir perangkat yang sepenuhnya dibuat dari bahan daur ulang bisa saja diproduksi (Samsung) di masa depan. Namun jika ditanya kapan, saya belum tahu pasti," pungkas Pranveer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com