Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara YouTube Cegah Video Shorts Diunggah di TikTok

Kompas.com - 23/08/2022, 08:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Fitur video pendek YouTube, Shorts, kini bakal memiliki tanda (watermark) ketika diunduh.

Tujuannya adalah untuk mencegah video yang diunggah di YouTube Shorts dibagikan lagi di platform serupa lainnya, macam TikTok dan Instagram.

Padahal, sejak dirilis pada September 2020 hingga sekarang, YouTube Shorts bebas diunduh tanpa watermark.

Kehadiran watermark di YouTube Shorts diumumkan langsung oleh Manajer Komunitas YouTube Sarah di laman Support YouTube.

Baca juga: Cara Menghapus Watermark di Video TikTok

"Jika Anda adalah kreator yang men-download Shorts Anda dari YouTube Studio untuk dibagikan ke seluruh platform lain, Anda sekarang akan menemukan watermark yang ditambahkan ke konten yang Anda download," tulis Sarah.

Dengan watermark tersebut, penonton dapat mengetahui bahwa video yang ditontonnya di Instagram dan TikTok itu berasal dari unggahan di YouTube Shorts.

Sarah mengumumkan bahwa fitur watermark di YouTube Shorts bakal digulirkan lebih dulu pada YouTube versi desktop dalam beberapa minggu ke depan.

YouTube juga akan memperluas fitur watermark untuk unggahan video YouTube Shorts yang diunduh lewat aplikasi YouTube seluler dalam beberapa bulan mendatang.

Baca juga: Saingi TikTok, YouTube Siapkan Fitur Edit Video Jadi Shorts

Saat ini, YouTube mengeklaim bahwa Shorts telah memiliki jumlah pengguna aktif bulanan mencapai 1,5 miliar per Juni 2022.

Jumlah pengguna aktif bulanan YouTube Shorts ini diprediksi juga telah menyamai TikTok. Pada September 2021, TikTok mengumumkan jumlah pengguna aktif bulanannya mencapai 1 miliar.

Video TikTok sudah sejak lama punya watermark

Berbicara soal TikTok, pesaing YouTube Shorts ini sebenarnya sudah membubuhkan watermark pada setiap unggahan TikTok yang dibagikan dan disimpan pengguna. Watermak tersebut memuat logo TikTok lengkap dengan handle username pengguna.

Baca juga: Download Video TikTok Tanpa Watermark di HP Android dan iPhone

Letak watermark di video sekarang berpindah-pindah. Awalnya berada di sisi tengah kiri video, lalu pindah ke sisi agak bawah kanan video. Dengan begitu, pengguna tidak bisa memotong video begitu saja untuk menghilangkan watermark, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (23/8/2022).

Bagi sebagian pegguna yang membagikan video tersebut, watermark terkadang dirasa sedikit mengganggu. Untuk itu, pengguna masih dapat mengakali untuk menghapus watermark TikTok dengan memerlukan situs pihak ketiga seperti SnapTik.

Instagram juga punya fitur video pendek "Reels", yang juga menjadi pesaing YouTube Shorts dan TikTok.

Berbeda dengan YouTube Shorts dan TikTok, pengguna masih dapat menyimpan draf Reels mereka tanpa watermark. Dengan demikian, bisa dibagikan dan diunggah di platform mana pun tanpa watermark Instagram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com