Kompas.com - 23/08/2022, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Fitur video pendek YouTube, Shorts, kini bakal memiliki tanda (watermark) ketika diunduh.

Tujuannya adalah untuk mencegah video yang diunggah di YouTube Shorts dibagikan lagi di platform serupa lainnya, macam TikTok dan Instagram.

Padahal, sejak dirilis pada September 2020 hingga sekarang, YouTube Shorts bebas diunduh tanpa watermark.

Kehadiran watermark di YouTube Shorts diumumkan langsung oleh Manajer Komunitas YouTube Sarah di laman Support YouTube.

Baca juga: Cara Menghapus Watermark di Video TikTok

"Jika Anda adalah kreator yang men-download Shorts Anda dari YouTube Studio untuk dibagikan ke seluruh platform lain, Anda sekarang akan menemukan watermark yang ditambahkan ke konten yang Anda download," tulis Sarah.

Dengan watermark tersebut, penonton dapat mengetahui bahwa video yang ditontonnya di Instagram dan TikTok itu berasal dari unggahan di YouTube Shorts.

Sarah mengumumkan bahwa fitur watermark di YouTube Shorts bakal digulirkan lebih dulu pada YouTube versi desktop dalam beberapa minggu ke depan.

YouTube juga akan memperluas fitur watermark untuk unggahan video YouTube Shorts yang diunduh lewat aplikasi YouTube seluler dalam beberapa bulan mendatang.

Baca juga: Saingi TikTok, YouTube Siapkan Fitur Edit Video Jadi Shorts

Saat ini, YouTube mengeklaim bahwa Shorts telah memiliki jumlah pengguna aktif bulanan mencapai 1,5 miliar per Juni 2022.

Jumlah pengguna aktif bulanan YouTube Shorts ini diprediksi juga telah menyamai TikTok. Pada September 2021, TikTok mengumumkan jumlah pengguna aktif bulanannya mencapai 1 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.