Media Asing Soroti Isu Kebocoran Data Pelanggan PLN dan IndiHome di Indonesia

Kompas.com - 23/08/2022, 09:18 WIB

KOMPAS.com - Belakangan ini, jagat maya Indonesia diramaikan dengan laporan dugaan kebocoran data yang datang bertubi-tubi.

Dua insiden dugaan kebocoran data di antaranya dialami oleh perusahaan fixed broadband IndiHome (PT Telkom) dan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Keduanya merupakan perusahaan badan usaha milik negara (BUMN).

Dugaan insiden kebocoran data yang dialami oleh dua perusahaan BUMN ini pun ikut menarik perhatian media asing. Pantauan KompasTekno pada Selasa (23/8/2022), setidaknya ada tiga media asing yang ikut mewartakan soal dugaan insiden kebocoran data PLN dan IndiHome di Indonesia.

Dua media di antaranya berasal dari negara tetangga Indonesia, yaitu New Straits Times (Singapura) dan MalaysiaNow (Malaysia). Satu media lain yang ikut memberitakan masalah ini adalah Reuters, media asing asal Inggris yang kerap membahas isu bisnis dan masalah global lainnya.

Baca juga: Telkom Berencana Gabung Indihome dan Telkomsel

Ketiga media asing itu menulis berita dengan isi yang serupa. Judul artikel yang digunakan ketiga media asing ini juga hampir serupa, yakni "Indonesia investigating alleged data breaches at state-owned firms" (Indonesia menyelidiki dugaan pelanggaran data di perusahaan milik negara).

Isi berita 3 media asing soal PLN dan IndiHome

Ilustrasi data 17 juta pelanggan PLN diduga bocor dan dijual di forum online.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi data 17 juta pelanggan PLN diduga bocor dan dijual di forum online.
Reuters, New Straits Times, dan MalaysiaNow kompak mengawali pemberitannya dengan melaporkan adanya dugaan kebocoran data yang diawali oleh perusahaan milik negara, yaitu PLN dan IndiHome.

Berita ketiga media asing itu kemudian dilanjutkan dengan keterangan resmi dari perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Semuel Abrijani Pangerapan, yang telah memanggil manajemen kedua perusahaan BUMN tersebut.

Berita juga memuat soal respons pihak IndiHome dan PLN. Dengan mengutip media lokal di Indonesia, ketiganya memberitakan bahwa pihak PLN tidak segera memberikan respons soal dugaan kebocoran data ini.

Baca juga: Orang Indonesia Hanya Bisa Pasrah kalau Ada Kebocoran Data

Baru pada Sabtu (20/8/2022), juru bicara PLN baru memberikan tanggapannya, dengan menyebutkan bahwa pihak PLN tengah menginvestigasi dugaan kebocoran data tersebut.

Lalu, ketiganya juga mengutip keterangan resmi dari juru bicara Telkom pada Senin (22/8/2022), yang menyebutkan bahwa tidak ada kebocoran data pelanggan IndiHome.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.