Kekayaan Bos Xiaomi Lei Jun Menguap Rp 18 Triliun, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 23/08/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan smartphone raksasa asal China, Xiaomi melaporkan performa keuangan yang sulit di kuartal II-2022 ini. Hal ini pun ikut berimbas pada kekayaan bersih CEO Xiaomi Lei Jun menguap hingga setengahnya.

Lei Jun juga terdepak dari daftar 10 besar CEO terkaya di China versi Forbes pada Agustus 2022 ini. Padahal pada 2021, Lei Jun menjadi CEO tertajir nomor satu di China.

Pada Agustus 2022, Xiaomi mengungkapkan berhasil membukukan pendapatan sebesar 70,1 miliar yuan atau setara Rp 152,4 triliun pada periode kuartal II (April-Juni) 2022. Pendapatan Xiaomi anjlok 20 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/YoY).

Selain pendapatan, laba bersih Xiaomi juga anjlok pada kuartal II-2022 ini. Xiaomi melaporkan bahwa laba bersih yang berhasil diraup perusahannya selama periode kuartal II-2022 (April-Juni) adalah sebesar 1,36 miliar yuan atau setara Rp 2,9 triliun.

Baca juga: CEO Xiaomi Lei Jun ke Bekasi Resmikan Mi Store

Laba bersih itu anjlok 83 persen dibanding periode yang sama tahun 2021. Hal ini, menurut keterangan resmi Xiaomi disebabkan karena berlanjutnya hambatan ekonomi makro global yang tak terhindarkan oleh perusahannya.

Lei Jun turun takhta dari China Rich List

Penurunan pendapatan sekaligus laba bersih Xiaomi ini agaknya memberikan sentimen negatif pada investor Xiaomi.

Alhasil, harga saham Xiaomi yang diperdagangkan di bursa Hong Kong turun hingga 54,25 persen menjadi 11,14 dollar AS (kira-kira Rp 24.230) per lembar.

Bila dilihat selama satu tahun terakhir, harga saham Xiaomi anjlok 54,33 persen per Selasa (23/8/2022). Google Finance Bila dilihat selama satu tahun terakhir, harga saham Xiaomi anjlok 54,33 persen per Selasa (23/8/2022).
Harga saham yang berkurang hingga lebih dari setengah nilainya itu pun berimbas pada kekayaan bersih (net worth) milik bos Xiaomi, Lei Jun.

Kekayaan Lei Jun terpantau juga menguap hingga hampir setengahnya dibanding tahun lalu. Menurut data "China Rich List 2022" versi Forbes, Lei Jun memiliki kekayaan bersih sebesar 9,4 miliar dollar AS (setara Rp 20,4 triliun) per 22 Agustus 2022.

Baca juga: Ketika Bos Xiaomi Indonesia Tepati Janji dalam 5 Hari

Total kekayaan itu anjlok hampir 50 persen dibanding pada 2021 ketika Lei Jun dinobatkan sebagai CEO terkaya nomor satu di China. Ketika itu, bos sekaligus pendiri Xiaomi ini memiliki kekayaan bersih sebesar 17,9 miliar dollar AS (sekitar Rp 38,9 triliun).

Halaman:
Sumber Forbes


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.