Kompas.com - Diperbarui 24/08/2022, 08:35 WIB

KOMPAS.com - Samsung baru-baru ini menggelontorkan pembaruan (update) sistem (firmware) untuk sekitar 500 juta ponsel Galaxy lawas.

Menurut laporan SamMobile, pembaruan tersebut bahkan hadir pula di Galaxy Alpha, smartphone yang dirilis Samsung sekitar September 2014 lalu.

Di Galaxy Alpha, pembaruan firmware ini memiliki nomor versi "G850FXXU2CVH9", dan konon digelontorkan untuk memperbaiki sistem serta konektivitas GPS di perangkat tersebut.

Selain Galaxy Alpha, beberapa ponsel Galaxy S Series macam Galaxy S5 Neo (2015), Galaxy S6 (2015), Galaxy S7 (2016), Galaxy S8 (2017), hingga Galaxy Note 8 (2017) juga disebut mendapatkan pembaruan serupa.

Baca juga: Berapa Harga Samsung Galaxy Alpha di Indonesia?

Khusus untuk Galaxy S6, selain fitur GPS, perangkat yang diluncurkan sekitar April 2015 itu konon juga mendapatkan peningkatan performa sistem, stabilitas, dan perbaikan lainnya.

Belum ada informasi apa alasan Samsung mendadak menggelontorkan pembaruan terhadap aneka perangkat lawas tersebut.

Namun, pembaruan sistem biasanya dihadirkan untuk memperbaiki masalah yang ada, sehingga kemungkinan ada isu terkait sistem GPS di sejumlah ponsel Samsung Galaxy lawas.

Terkait perangkat Galaxy lawas, belum ada informasi smartphone Samsung Galaxy model apa saja yang bakal mendapatkan pembaruan seputar fitur GPS tadi.

Samsung sendiri biasanya menggelontorkan pembaruan firmware selama empat tahun ke depan untuk seluruh perangkat yang dirilis di bawah tahun 2021, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Selasa (23/8/2022).

Baca juga: Kesan Pertama Menjajal Samsung Galaxy Z Fold 4, Lebih Enteng, Mulus, dan Kokoh

Artinya, perangkat Samsung Galaxy yang dirilis pada tahun 2018 ke atas, seperti Galaxy A7 dan Galaxy A8, masih akan mendapatkan dukungan pembaruan firmware di tahun 2022 ini, boleh jadi termasuk pembaruan sistem GPS tadi.

Nah, jika Anda pemilik ponsel Samsung Galaxy yang dirilis pada tahun 2018 ke bawah, Anda bisa mencoba membuka menu "Settings" > "Software update" untuk melihat apakah ada pembaruan sistem atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.