Kompas.com - 23/08/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Oppo resmi mengumumkan antarmuka atau user interface (UI) generasi baru perusahaan bertajuk ColorOS 13. Antarmuka ini mengusung konsep desain "Aquamorphic" yang menurut Oppo terinspirasi dari air, sehingga tampilannya lebih intuitif.

Setelah rilis resmi, ColorOS 13 akan digulirkan mulai Agustus ini. Perangkat pertama yang kebagian pembaruan ColorOS 13 yaitu Oppo Find X5 series, terdiri dari Oppo Find X5 "reguler" dan Find X5 Pro.

Karena menjadi perangkat pertama yang kebagian ColorOS 13, Oppo Find X5 Pro juga kebagian fitur yang menarik terlepas dari serangkaian fitur baru ColorOS. Fitur yang dimaksud yaitu Dynamic Computing Engine, yaitu teknologi yang membuat ColorOS 13 memberikan pengalaman yang tahan lama dan mulus.

Baca juga: Oppo Kerja Sama dengan Snapchat, ColorOS 13 Bisa Tampilkan Bitmoji di Always on Display

Dalam praktiknya, teknologi tersebut memastikan sumber daya komputasi dari hardware berjalan dengan akurat untuk menyeimbangkan antara kinerja yang tinggi namun konsumsi daya rendah. Hasilnya, masa pakai baterai ponsel Oppo yang berjalan dengan ColorOS 13 akan lebih hemat.

Oppo menguji teknologi Dynamic Computing Engine pada Oppo Find X5 Pro yang sudah menjalankan ColorOS 13. Hasilnya, masa pakai baterai Oppo Find X5 Pro diklaim bisa bertambah menjadi satu hari lebih lama.

"Berkat inovasi teknologi yang dikembangkan mandiri oleh Oppo, Anda bisa menggunakan Find X5 Pro dengan ColorOS 13 untuk menjalankan tugas harian satu hari lebih lama," kata Gary Chen, Head of Oppo Software Product dalam media briefing ColorOS 13, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Beda Spesifikasi Vivo X80 Pro dan Oppo Find X5 Pro dengan Selisih Harga Rp 1 Juta

Dirangkum KompasTekno dari situs web Oppo, Dynamic Computing Engine dapat mendongkrak masa pakai baterai Oppo Find X5 Pro hingga 34 jam untuk penggunaan normal. Adapun dalam skenario bermain game, ponsel tersebut bisa bertahan selama 9 jam, video call 8 jam serta memutar video sampai 22 jam.

ColorOS 13 dongkrak masa pakai baterai Oppo Find X5 ProOppo ColorOS 13 dongkrak masa pakai baterai Oppo Find X5 Pro

Selain itu, ColorOS 13 juga diklaim bisa menyimpan lebih banyak aplikasi di latar belakang. Walau banyak aplikasi tersimpan, konsumsinya dirancang agar tetap hemat, sehingga tidak begitu menguras daya baterai ponsel.

"Teknologi Oppo akan menyimpan aplikasi di latar belakang (background) saat digunakan, dengan konsumsi daya yang lebih cerdas bahkan untuk model Oppo lainnya," imbuh Gary.

Daftar HP Oppo yang kebagian ColorOS 13

Oppo Find X5 Pro dan Find X5 menjadi duo perangkat yang kebagian pembaruan ColorOS paling awal. Rencananya, kedua ponsel tersebut akan mendapat pembaruan pada Agustus ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.