Paket Freedom Internet Indosat Tidak Bisa Digunakan? Begini 4 Cara Mengatasinya

Kompas.com - 23/08/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Indosat memiliki beberapa paket internet yang ditawarkan ke pelanggan, salah satunya adalah paket Freedom Internet. Paket Freedom Internet Indosat merupakan paket internet yang hanya terdapat kuota utama.

Untuk kuota utama dari paket Freedom Internet Indosat itu bervariasi, mulai dari 1,5 GB hingga terbesar 44 GB. Kemudian, masa aktif dari paket ini pun beragam, mulai dari 1 hari, 3 hari, 5 hari, hingga 30 hari.

Baca juga: Daftar Harga Paket Internet Indosat Terbaru Agustus 2022, Mulai Rp 3.250

Tak hanya ditawarkan dengan besar kuota utama dan masa aktif yang bervariasi, paket Freedom Internet Indosat juga memiliki layanan tambahan bernama “Pulsa Safe”.

Perlu diketahui, Pulsa Safe merupakan layanan yang memungkinkan pelanggan paket Freedom Internet Indosat dapat menikmati akses internet setelah kuota utamanya habis, dengan batas pemakaian wajar (FUP) 200 MB dan memiliki kecepatan hingga 64 kbps.

Jadi, setelah kuota utama habis, pelanggan paket Freedom Internet Indosat setidaknya tetap dapat mengakses internet dengan kuota FUP tersebut.

Dengan pilihan kuota yang beragam dan terdapat layanan tambahan Pulsa Safe, paket Freedom Internet Indosat bisa jadi penawaran yang cukup menarik untuk dibeli pelanggan. Untuk membeli, salah satu caranya adalah dengan mengakses aplikasi myIM3.

Kendati menarik untuk dibeli, dalam beberapa kondisi tertentu, kadang dijumpai masalah paket Freedom Internet Indosat tidak bisa digunakan. Lantas, kenapa paket Freedom Internet Indosat tidak bisa digunakan?

Berdasar keterangan Customer Service Indosat di Twitter (@IndosatCare), paket Freedom Internet Indosat tidak bisa digunakan lantaran terdapat masalah jaringan, baik sistem jaringan di internal ponsel maupun gangguan eksternal dari jaringan Indosat sendiri.

Kemudian, dikutip dari laman resmi Indosat, penyebab paket Freedom Internet Indosat tidak bisa digunakan juga bisa ditimbulkan karena telah dinonaktifkan secara otomatis. Terdapat dua kondisi yang bisa membuat paket Freedom Internet Indosat bisa mati otomatis.

Pertama, masa aktif paket Freedom Internet Indosat telah habis dan pulsa tidak mencukupi untuk memperpanjangnya. Kemudian, paket Freedom Internet Indosat bisa dinonaktifkan juga karena kuota FUP dari layanan Pulsa Safe telah habis.

Dengan penyebab tersebut, lalu bagaimana cara mengatasi paket Freedom Internet tidak bisa digunakan? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mengatasi paket Freedom Internet Indosat tidak bisa digunakan.

Cara mengatasi paket Freedom Internet Indosat tidak bisa digunakan

  • Coba untuk restart jaringan seluler Indosat di HP. Caranya, silakan mengaktifkan mode pesawat selama kurang lebih 30 detik, lalu matikan. Opsi ini umumnya bisa dijumpai lewat menu pengaturan cepat dengan ikon pesawat.
  • Coba restart HP untuk menyegarkan beberapa sistem yang mungkin terganggu, termasuk sistem jaringannya. Restart HP bisa dilakukan dengan menekan tombol power off. Setelah HP mati, silakan tekan tompol power on untuk menyalakannya kembali.
  • Pastikan pula paket Freedom Internet Indosat masih aktif dengan menghubungi kode UMB *123#.
  • Jika dengan cara di atas masalah masih terjadi, kemungkinan besar jaringan Indosat mengalami gangguan. Silakan lapor masalah tersebut ke Customer Service Indosat, salah satunya bisa lewat direct message (DM) Twitter di akun @IndosatCare.

Baca juga: Cara Cek Umur Kartu Indosat via Kode UMB dengan Mudah

Customer Service Indosat bakal memeriksa lebih lanjut kondisi jaringan Indosat yang tersedia di wilayah sekitar pelanggan. Demikianlah penjelasan seputar cara mengatasi paket Freedom Internet Indosat tidak bisa digunakan, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.