Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Lawas Samsung Galaxy J7 Mendadak Dapat Update Sistem

Kompas.com - Diperbarui 24/08/2022, 10:29 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung belakangan menggelontorkan pembaruan (update) sistem (firmware) pada sejumlah ponsel Galaxy lawas yang dirilis pada tahun 2018 ke bawah.

Salah satu yang mendadak mendapatkan firmware update tersebut adalah ponsel lawas Galaxy J Series yang bisa dibilang cukup populer hingga sekarang, yaitu Galaxy J7.

Seperti diketahui, Samsung J7 merupakan ponsel Samsung yang dirilis sekitar Juni 2015 lalu. Seharusnya, ponsel ini sudah tak mendapatkan pembaruan firmware lagi sejak 2018 lalu.

Sebab, Samsung lazimnya memberikan update Android ke perangkatnya selama 2 tahun sejak dirilis. Sementara update keamanan, diberikan selama tiga tahun sejak diluncurkan.

Baca juga: 500 Juta Ponsel Samsung Galaxy Lawas Mendadak Dapat Update, Termasuk Galaxy Alpha

Namun, Samsung ternyata masih menggelontorkan pembaruan pada ponsel ini pada Agustus 2022, empat tahun setelah dukungan ponsel tersebut disetop.

Adapun informasi pembaruan ini disampaikan Samsung dalam sebuah dokumen di blog resmi mereka. Dalam dokumen ini, disebutkan bahwa Samsung Galaxy J7 (SM-J700F) mendapatkan pembaruan dengan nomor versi "J700FXXU4BVG2".

Menurut Samsung, pembaruan ini tercatat sudah dirilis pada 3 Agustus 2022 lalu, dan digelontorkan untuk memperbaiki sekaligus meningkatkan stabilitas fitur GPS pada ponsel tersebut. Di smartphone, fitur GPS memiliki peran yang cukup vital karena dibutuhkan untuk mendukung personalisasi pengguna.

Samsung tidak menjelaskan mengapa mereka tiba-tiba memperbarui Samsung J7 di luar masa dukungan pembaruan sistemnya.

Baca juga: Samsung Bikin Komponen Galaxy Z Fold 4 dkk dari Jaring Ikan Daur Ulang

Selain itu, belum jelas pula apakah Galaxy J7 model lainnya, seperti Galaxy J7 Prime, Galaxy J7 Duo, Galaxy J7 Plus, dkk ikutan dapat pembaruan atau tidak.

Yang jelas selain ponsel yang menjalankan sistem operasi (OS) Android 6.0.1 (Marshmallow) tersebut, Samsung juga diketahui memperbarui sejumlah ponsel lawas Galaxy lainnya.

Di antaranya seperti Galaxy Alpha (2014), Galaxy S5 Neo (2015), Galaxy S6 (2015), Galaxy S7 (2016), Galaxy S8 (2017), dan lain sebagainya.

Adapun pembaruan yang didapat perangkat-perangkat tersebut sama persis dengan Galaxy J7, yaitu perbaikan fitur GPS.

Artinya, ada kemungkinan bahwa Samsung menemukan atau ingin mencegah suatu masalah seputar fitur GPS di perangkat-perangkat Galaxy lawas yang seharusnya sudah tidak mendapatkan pembaruan firmware ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari XDADevelopers, Selasa (23/8/2022).

Baca juga: Cerita Generation17 Jual Nama Samsung untuk Selamatkan Lingkungan

Nah, bagi Anda pengguna ponsel Galaxy yang dirilis tahun 2018 ke bawah, ada baiknya untuk mengecek ponsel Anda secara berkala untuk melihat apakah perangkat Anda mendapatkan pembaruan atau tidak.

Caranya adalah dengan mengunjungi menu "Settings" > "Software update". Jika ada pembaruan, maka sistem akan memperlihatkan nomor versi pembaruan, ukuran, serta apa yang ditingkatkan Samsung di pembaruan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com