Kompas.com - 24/08/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Platform video berdurasi panjang, YouTube menguji coba kolom khusus “Podcast” pada halaman “Explore”. Fitur ini baru digulirkan bagi pengguna YouTube di  Amerika Serikat (AS).

Belum diketahui apakah YouTube bakal meluncurkan fitur halaman khusus Podcast ini bagi pengguna di luar AS atau tidak. Terlepas dari hal itu, pengguna di luar AS, seperti Indonesia, setidaknya bisa mendapat gambaran tentang pembaruan kolom ini.

Kolom “Explore” yang ada di platform YouTube selama ini menyuguhkan beberapa pilihan konten berdasarkan kategori, seperti “Trending”, “Music”, “Movies”, “Gaming”, “News, dan “Sports”.

Baca juga: Jumlah Pendengar Podcast di Indonesia Terbesar Kedua di Dunia

Penambahan kolom Podcast di halaman Explore Youtube9to5Google Penambahan kolom Podcast di halaman Explore Youtube

Nah, adanya penambahan kolom “Podcast” mengindasikan bahwa YouTube ke depannya tidak hanya menyuguhkan konten berbasis audio visual saja, tetapi juga konten-konten berbasis audio seperti podcast.

Adapun kemunculan kolom podcast ini diprediksi bakal menjadi tantangan baru bagi para kompetitor YouTube, seperti Spotify dan Apple Podcast. Hal ini dibuktikan melalui studi yang dilakukan Cumulus Media pada Mei 2022 lalu.

Baca juga: Spotify Permudah Pengguna Cari Lagu dan Podcast

Hasil penelitian tersebut melibatkan 604 responden dewasa yang berusia di 18 tahun ke atas di AS. Saat responden ditanya terkait pilihan platform yang digunakan untuk mengakses podcast, 24,2 persen responden mengaku memilih YouTube, 23,8 persen memilih Spotify, dan 16 persen untuk Apple Podcast.

Sementara itu, dikutip KompasTekno dari The Verge, Rabu (24/8/2022), perluasan konten YouTube ke podcast disebut bukan untuk bersaing dengan Spotify dan Apple Podcast. Dikarenakan pada akhirnya, penonton akan lebih memilih mengakses konten di YouTube daripada platform lain.

Meski Apple Podcast sudah lebih dulu diluncurkan pada 2005 dan Spotify pada 2019 lalu, hal tersebut tidak akan memberi dampak yang signifikan terhadap YouTube. Dikarenakan konten podcast tidak berkontribusi banyak pada pertumbuhan platform YouTube.

Berdasarkan laporan dari Interactive Advertising Buereau, streamer YouTube mampu menghasilkan 28,8 miliar dollar AS untuk Google pada 2021 lalu. Sedangkan, industri dan konten podcast baru menghasilkan sekitar 2 miliar dollar AS di tahun yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.