Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda YouTube Kian Seriusi Konten Audio Podcast

Kompas.com - 24/08/2022, 09:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Platform video berdurasi panjang, YouTube menguji coba kolom khusus “Podcast” pada halaman “Explore”. Fitur ini baru digulirkan bagi pengguna YouTube di  Amerika Serikat (AS).

Belum diketahui apakah YouTube bakal meluncurkan fitur halaman khusus Podcast ini bagi pengguna di luar AS atau tidak. Terlepas dari hal itu, pengguna di luar AS, seperti Indonesia, setidaknya bisa mendapat gambaran tentang pembaruan kolom ini.

Kolom “Explore” yang ada di platform YouTube selama ini menyuguhkan beberapa pilihan konten berdasarkan kategori, seperti “Trending”, “Music”, “Movies”, “Gaming”, “News, dan “Sports”.

Baca juga: Jumlah Pendengar Podcast di Indonesia Terbesar Kedua di Dunia

Penambahan kolom Podcast di halaman Explore Youtube9to5Google Penambahan kolom Podcast di halaman Explore Youtube

Nah, adanya penambahan kolom “Podcast” mengindasikan bahwa YouTube ke depannya tidak hanya menyuguhkan konten berbasis audio visual saja, tetapi juga konten-konten berbasis audio seperti podcast.

Adapun kemunculan kolom podcast ini diprediksi bakal menjadi tantangan baru bagi para kompetitor YouTube, seperti Spotify dan Apple Podcast. Hal ini dibuktikan melalui studi yang dilakukan Cumulus Media pada Mei 2022 lalu.

Baca juga: Spotify Permudah Pengguna Cari Lagu dan Podcast

Hasil penelitian tersebut melibatkan 604 responden dewasa yang berusia di 18 tahun ke atas di AS. Saat responden ditanya terkait pilihan platform yang digunakan untuk mengakses podcast, 24,2 persen responden mengaku memilih YouTube, 23,8 persen memilih Spotify, dan 16 persen untuk Apple Podcast.

Sementara itu, dikutip KompasTekno dari The Verge, Rabu (24/8/2022), perluasan konten YouTube ke podcast disebut bukan untuk bersaing dengan Spotify dan Apple Podcast. Dikarenakan pada akhirnya, penonton akan lebih memilih mengakses konten di YouTube daripada platform lain.

Meski Apple Podcast sudah lebih dulu diluncurkan pada 2005 dan Spotify pada 2019 lalu, hal tersebut tidak akan memberi dampak yang signifikan terhadap YouTube. Dikarenakan konten podcast tidak berkontribusi banyak pada pertumbuhan platform YouTube.

Berdasarkan laporan dari Interactive Advertising Buereau, streamer YouTube mampu menghasilkan 28,8 miliar dollar AS untuk Google pada 2021 lalu. Sedangkan, industri dan konten podcast baru menghasilkan sekitar 2 miliar dollar AS di tahun yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com