Kompas.com - 24/08/2022, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Apple resmi memperkenalkan sistem operasi (OS) iOS 16 pada Juni lalu. Sistem operasi iOS terbaru Apple ini dirancang untuk pengguna iPhone. Namun, baru-baru ini muncul "tiruan" iOS 16 untuk ponsel Android.

"Tiruan" iOS 16 itu berupa launcher, yaitu aplikasi yang memungkinkan pengguna Android memermak tampilan antarmuka sehingga menjadi seperti iPhone versi iOS 16.

Aplikasi iOS 16 tiruan untuk Android itu muncul di toko aplikasi Google PlayStore dengan nama “Launcher iOS 16”.

Baca juga: Survei: Pengguna Android Tertarik Pindah ke iPhone Berkat iOS 16

Informasi ini dipublikasikan oleh Parker Ortolani selaku Produk Developement and Marketing Vox Media. Dalam cuitannya di Twitter dengan handle @ParketOrtolani, ia menuliskan bahwa aplikasi Launcher iOS 16 ada di Google PlayStore dan memiliki lebih dari 50 juta unduhan.

Apabila membuka aplikasi toko resmi Google Playstore di smartphone dan mencari aplikasi Launcher iOS 16, pengguna akan menemukan beberapa gambar hasil tangkap layar dari iOS 16 versi Android.

Aplikasi yang “meniru” iOS 16 ini juga memiliki fitur-fitur yang serupa. Misalnya, ada menu “Force Touch” di aplikasi, mode jiggle yang memudahkan pengguna menghapus aplikasi, ikon widgets dan aplikasi yang berubah sama seperti iPhone.

Aplikasi Launcher iOS 16 di Google Playstore dan tampilan antarmuka iOS 16 versi Android Google Playstore Aplikasi Launcher iOS 16 di Google Playstore dan tampilan antarmuka iOS 16 versi Android

Dari pantauan KompasTekno, Rabu (24/8/2022) siang, secara keseluruhan tampilan iOS 16 di Android serupa dengan tampilan antarmuka iPhone 16. Hanya saja yang membedakan keduanya terletak pada tampilan panel notifikasi di atas layar.

Baca juga: Apple Bawa Fitur yang Paling Ditunggu Pengguna iPhone di iOS 16 Versi Beta Terbaru

Secara format, perangkat Apple dan Android meletakkan posisi jam di sisi atas kiri layar, sedangkan notifikasi baterai, jaringan konektivitas, dan signal di sisi kanan atas. Namun, setiap perangkat, khususnya Android, menggunakan ikon notifikasi dan jenis tulisan (font) yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, pengguna Android yang mengunduh aplikasi Launcher iOS 16, panel notifikasi di dalam perangkat akan tetap menggunakan tampilan dan desain dari sistem operasi bawaan ponsel.

Dilansir dari Mac Rumors, aplikasi ini bukanlah hal yang baru di Google PlayStore. Sebab, sejak peluncuran iOS 13, aplikasi peniru tersebut sudah mulai mengikuti perkembangan dan pembaruan dari iOS yang asli.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber MacRumors


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.