Kompas.com - 24/08/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Terdapat cukup banyak bahasa gaul yang kerap digunakan pengguna di platform media sosial, seperti Twitter dan TikTok. Salah satunya adalah kata “Gamon”.

Sebagian dari Anda mungkin juga sudah sempat melihat penggunaan kata tersebut nongol di linimasa Twitter atau TikTok. Misalnya, seperti unggahan Tweet dari akun dengan handle @tintadago, seperti yang tercantum di bawah ini.

Baca juga: Arti Kata “Praying Circle” yang Tengah Ramai di Twitter

Pada Tweet yang telah disukai lebih dari 9.000 kali itu, tampak kata Gamon disandingkan dengan konteks menjalin hubungan percintaan. Selain di Twitter, kata Gamon yang dipakai bersamaan dengan konteks tersebut juga bisa dilihat lewat unggahan pengguna di TikTok.

Salah satu contoh video pengguna di TikTok yang memakai kata Gamon dengan konteks hubungan percintaan bisa dilihat lewat unggah dari akun dengan handle @rraskciy, sebagaimana tertera pada cuplikan di bawah ini.

@rraskciy idk why #fyp #4u #moots? #gamon #ex #galaubrutal #galauvibes ? suara asli - gabut woi

Dalam video tersebut, tampak kata Gamon dipakai dengan dibarengi penjelasan mengenai aktivitas yang pernah dilakukan bersama seorang pasangan. Format penggunaan kata Gamon seperti ini mudah dijumpai di Twitter atau TikTok.

Kendati mungkin Anda juga sudah sempat melihat penggunaan kata Gamon dengan format semacam itu, namun tahukah sebenarnya apa itu arti dari Gamon? Bila tertarik untuk mengetahuinya, berikut adalah penjelasan arti Gamon.

Arti Gamon yang sering digunakan di Twitter dan TikTok

Gamon pada dasarnya bisa dikategorikan sebagai salah satu bahasa gaul. Ini dikarenakan kata tersebut tidak terkodifikasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Oleh karena itu, untuk mengetahui arti Gamon, salah satu caranya bisa dilakukan dengan menelusuri kebiasaan pengguna di media sosial. Berdasar penelusuran KompasTekno, diketahui bahwa Gamon bukanlah sebuah kata tunggal.

Gamon adalah sebuah akronim atau kependekan dari beberapa kata, yakni kata “gagal “ dan “gove on” (gagal move on). Bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, kata “move on” yang jadi bagian dari Gamon memiliki arti “berpindah”.

Secara bahasa maka gamon bisa berarti gagal berpindah. Namun, bila dilihat dari segi kebiasaan, kata “move on” sendiri artinya tidak sesederhana “berpindah”.

Dikutip dari Urban Dictionary, kata “move on” dapat berarti melangkah dari hal yang mengganggu supaya bisa melanjutkan kehidupan. Dalam arti yang lebih spesifik di konteks percintaan, “move on” bisa berarti melupakan mantan pasangan atau pacar.

Sebagaimana dilansir Idiva, kata “move on” berarti tidak terus menerus memikirkan mantan pasangan, atau bisa juga tidak menghabiskan waktu untuk memantau aktivitas media sosial dari mantan pasangan.

Baca juga: Arti Kata “NT” yang Sering Digunakan di TikTok dan Twitter

Dengan penjelasan tersebut, arti Gamon yang sering dipakai di TikTok dan Twitter adalah sebuah ungkapan atas kegagalan dalam “move on” alias terus memikirkan mantan pasangan. Demikianlah penjelasan seputar arti Gamon, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.