Game Indonesia "A Space for the Unbound" Tertunda gara-gara Publisher Asing Selewengkan Dana

Kompas.com - Diperbarui 25/08/2022, 08:44 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Penerbit game asal Tangerang, Toge Productions, awalnya berencana untuk merilis sebuah game petualangan dan visual novel terbarunya yang berjudul A Space for the Unbound.

Game yang telah dirancang studio game asal Surabaya Mojiken Studio selama kurang lebih tujuh tahun tersebut dijadwalkan meluncur sekitar 2022 ini. Namun, hal tersebut tampaknya belum akan terwujud.

Dalam sebuah pengumuman, Toge Productions dan Mojiken Studio menginformasikan nasib soal game tersebut. Game itu harus ditunda karena adanya masalah penipuan dan penyelewengan dana.

Pengumuman ini diunggah dalam sebuah gambar melalui akun resmi Twitter game A Space for the Unbound dengan handle @ASFTUgame.

Baca juga: Agate dan Toge Productions Tawarkan Pendanaan untuk Pengembang Game Indonesia

"Dengan berat hati, kami mengumumkan bahwa perilisan A Space for the Unbound ditunda hingga waktu yang belum ditentukan," kata pihak Toge Productions dan Mojiken Studio, dikutip KompasTekno dari Twitter.com, Rabu (24/8/2022).

Karena penyelewengan dana

Dalam pengumuman yang sama, kedua perusahaan game asal Indonesia ini menyebut alasan mengapa mereka terpaksa melakukan hal tersebut.

Menurut mereka, ada penyelewengan dana yang dilakukan oleh publisher asing yang bekerja sama dengan kedua perusahaan tersebut, yaitu PQube Games.

PQube Games adalah penerbit game asal Inggris yang digandeng Toge Productions dan Mojiken Studio untuk perilisan A Space for the Unbound versi konsol di wilayah barat.

Ilustrasi gameplay A Space for the Unbound.Toge Productions Ilustrasi gameplay A Space for the Unbound.
Seperti diketahui, A Space for the Unbound sendiri memang rencananya bakal dirilis di sejumlah platform seperti PS4, PS5, Xbos One, Xbos Series S/X, Nintendo Switch, dan PC (via Steam) serentak di seluruh dunia sekitar 2022 ini.

Dengan adanya PQube Games, pemain di wilayah barat seperti Eropa nantinya bisa memainkan game tersebut di konsol game favorit mereka.

Halaman:
Sumber Twitter


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.