Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Siswa SMP Asal Indonesia Juara Kompetisi Microsoft Imagine Cup Junior

Kompas.com - 25/08/2022, 07:00 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas 8 asal Binus School Simprug, Evan Felix Santoso, sukses memenangkan kompetisi Imagine Cup Junior AI for Good Challenge 2022.

Kompetisi ini sendiri merupakan kompetisi tingkat global yang digelar Microsoft bagi remaja berusia 13-18 tahun guna memecahkan tantangan global terkait lingkungan dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI).

Dalam kompetisi ini, Evan mengajukan gagasan bertajuk "Sea Waste Scavengers". Gagasan ini memanfaatkan AI untuk mengoperasikan kapal listrik bertenaga air dan surya yang dapat melacak, menemukan, dan mengambil sampah plastik di laut sebelum mengirimkannya ke fasilitas daur ulang.

Gagasan ini diajukan untuk menjawab permasalahan pencemaran sampah plastik di perairan Indonesia dan global yang mengancam keberlangsungan hidup biota laut.

Baca juga: Siasat Microsoft Rayu Pengguna Chrome Pindah ke Edge

Menurut Evan, inspirasi Sea Waste Scavengers datang dari MAS400 atau Mayflower Autonomous Ship 400.

MAS400 adalah kapal bertenaga energi terbarukan yang sepenuhnya otomatis yang dibuat untuk merayakan ulang tahun ke-400 Mayflower asli untuk membawa peziarah pertama ke Amerika.

"Dengan demikian, kapal tersebut dirancang untuk berlayar dari Inggris ke Amerika, sambil mempelajari kehidupan laut dalam perjalanan," kata Evan dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Kamis (25/8/2022).

Kompetisi Imagine Cup Junior AI for Good Challenge 2022 sendiri diikuti oleh ribuan remaja dari berbagai belahan dunia.

Microsoft mengambil 10 peserta terbaik sebagai pemenang kompetisi tersebut dan Evan Felix menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang memenangkan kompetisi.

"Ini jadi pengalaman baru untuk saya yang baru belajar tentang teknologi AI dan saya sangat senang karena bisa menang. Di masa depan, saya harap dengan membersihkan pencemaran laut, kita juga dapat menyelamatkan kehidupan tumbuhan dan hewan laut, sehingga lautan kita tidak hanya menjadi lebih bersih, tetapi juga penuh kehidupan dan lebih Indah,” ujar Evan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke