Kompas.com - Diperbarui 28/08/2022, 10:40 WIB

KOMPAS.com - Pada awal Agustus lalu, WhatsApp mengumumkan tiga fitur baru. Salah satunya adalah fitur keluar dari grup secara diam-diam.

WhatApp memastikan bahwa keluar dari grup secara diam-diam bakal digulirkan ke pengguna pada bulan Agustus ini. Pantauan KompasTekno, fitur ini sudah mulai bisa dijajal pengguna WhatsApp di Indonesia.

KompasTekno pun melakukan eksperimen untuk keluar dari grup WhatsApp. Bagaimana hasilnya? Apakah kami bisa benar-benar meninggalkan grup tanpa ketahuan anggota lainnya?

Untuk lebih jelasnya, berikut temuan KompasTekno ketika mencoba keluar dari grup WhatsApp secara diam-diam.

Tidak ada notifikasi di ruang obrolan

Selama ini, ketika pengguna "leave group" alias keluar dari grup WhatsApp, anggota grup lainnya bakal melihat notifikasi berbunyi "(nomor/nama kontak) keluar (left)" dari ruang obrolan. Contoh "Galuh left".

Baca juga: Resmi, Fitur Baru WhatsApp Mungkinkan Pengguna Keluar Grup Diam-diam

Untuk sebagian pengguna WhatsApp, kondisi tersebut bisa menimbulkan rasa sungkan atau tidak nyaman.

Nah, dengan fitur baru, anggota grup lain tidak lagi akan menerima pemberitahuan bahwa Anda keluar dari grup. Namun, admin grup WhatsApp masih akan tetap menerima notifikasi ketika anggotanya keluar dari ruang obrolan grup.

Jurnalis KompasTekno Galuh Putri pun mencoba untuk keluar dari salah satu grup WhatsApp. Dalam grup tersebut terdapat lima anggota yang merupakan rekan sesama jurnalis KompasTekno. Grup tersebut hanya memiliki satu admin saja.

Ketika keluar grup, teorinya, hanya admin yang melihat notifikasi "Galuh left". Sedangkan tiga anggota grup tidak akan melihat notifikasi tersebut berkat fitur baru WhatsApp.

Pada kenyataannya, baru satu anggota grup saja yang sudah tidak melihat notifikasi "Galuh left" di dalam ruang obrolan grup WhatsApp.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.