Ponsel Misterius Xiaomi Segera Masuk Indonesia, Redmi A1?

Kompas.com - 25/08/2022, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Xiaomi tampaknya akan segera merilis smartphone baru di Tanah Air. Spekulasi itu muncul berdasarkan sebuah sertifikasi yang terlampir di laman Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Pantauan KompasTekno, Kamis (24/8/2022), sertifikasi tersebut memiliki nomor 3777/SJ-IND.8/TKDN/8/2022 yang diajukan oleh PT. Xiaomi Technology Indonesia pada 12 Agustus 2022.

Ponsel misterius Xiaomi yang diduga Redmi A1 muncul di laman Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenprin)Kemenprin Ponsel misterius Xiaomi yang diduga Redmi A1 muncul di laman Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenprin)

Pada kolom merek dan tipe, tampak nomor model “Xiaomi 220733SG” dengan bobot TKDN sebesar 40,30 persen. Di kolom spesifikasi, disebutkan bahwa perangkat ini akan mendukung jaringan 4G.

Baca juga: Bukan Cuma 5G, Ini Beda Spesifikasi Redmi 10 5G dan Redmi 10 2022

Belum diketahui, smartphone model apa yang akan diluncurkan Xiaomi. Namun, kemungkinan ponsel itu akan diberi nama Redmi A1 yang kemungkinan akan menjadi lini seri baru Redmi.

Dugaan ini muncul lantaran nomor model yang sama juga pernah muncul di beberapa situs sertifikasi lain, seperti Kantor Standarisasi India (BIS), Komisi Perdagangan Federal, AS (FCC), dan situs benchmarking Geekbench.

Beberapa situs tersebut turut mengungkap spesifikasi kunci ponsel ponsel yang diduga Xiaomi Redmi A1 itu. Kabarnya, Redmi A1 akan "diotaki" chipset MediaTek Helio A22 yang dipadu RAM 3 GB.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Redmi 10 5G di Indonesia

Ponsel ini akan menjalankan sistem operasi Andorid 12. Dimensi bodi Redmi A1 juga terkuak.
Menurut rumor, Redmi A1 akan memiliki panjang 164,67 mm dan ketebalan 76,56 mm. Untuk konektivitas, ponsel ini konon akan didukung WiFi 2.4 GHz serta Bluetooth.

Berdasarkan informasi di BIS India, Redmi A1 akan di-rebranding menjadi salah satu lini Poco, yang juga sub brand Xiaomi. Namun, tidak disebutkan ponsel Poco mana yang akan me-rebranding Redmi A1.

Baca juga: Xiaomi Redmi 10 5G Meluncur di Indonesia dengan Kamera 50 MP, Harga Rp 2 Jutaan

Dirangkum KompasTekno dari Gizmo China, Kamis (25/8/2022), ponsel entry-level Poco yang me-rebranding Redmi A1 nantinya akan dibanderol 150 dollar AS atau sekitar Rp 2,2 juta.

Kendati demikian, informasi spesifikasi dan kemungkinan rebranding di atas baru sebatas rumor. Sejauh ini, Xiaomi belum memberikan informasi apapun soal peluncuran ponsel anyar di Indonesia, termasuk apakah akan mengusung nama Redmi A1 atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.