Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Jasa SS iPhone di Medsos, Bayar Rp 500 demi Jadi "Si Paling iPhone"

Kompas.com - Diperbarui 28/08/2022, 14:50 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jagat maya di Indonesia belakangan ini diramaikan dengan tren yang tidak biasa, bahkan bisa dibilang nyeleneh. Tren tersebut adalah maraknya jasa screenshot (ss) iPhone yang dijajakan di media sosial.

Meski aneh dan mengherankan bagi sebagian netizen, ternyata tren membeli screenshot (ss) iPhone ini tampak laku dan cukup banyak peminatnya.

Peminat jasa ss iPhone kemungkinan besar adalah orang-orang yang tak memiliki iPhone, tapi ingin terlihat memiliki iPhone di media sosial.

Atau bahasa gaulnya, bisa dibilang peminat jasa ini ingin terlihat "si paling iPhone", di mana mereka menggunakan iPhone di segala kesempatan.

Alhasil, netizen yang memiliki iPhone pun terlihat berbondong-bondong membuka dan menawarkan jasa ss iPhone lewat TikTok, Twitter, bahkan Telegram.

Baca juga: Jangan Asal, Begini Sebaiknya Menyikapi Kabar Duka di Media Sosial

Lantas apa itu jasa ss iPhone?

Sesuai dengan namanya, jasa ss iPhone menawarkan tangkapan layar dari ponsel iPhone untuk dijual kepada konsumen.

Pantauan KompasTekno di media sosial, pilihan tangkapan layar yang banyak diminati meliputi screenshot profil Instagram, direct message Instagram, Spotify, saluran YouTube boyband/girlband Kpop favorit, fake chat (chat palsu), dan lainnya.

Harga yang ditawarkan untuk jasa ss iPhone ini terlihat bervariasi, tergantung penjual dan permintaan pelanggan.

Umumnya, jasa screenshot iPhone ini ditawarkan dengan harga rentang harga paling murah Rp 100 hingga Rp 5.000 untuk sekali screenshot.

Ketika menawarkan jasa ss iPhone, penyedia jasa bakal menyebutkan model iPhone yang digunakannya. Sebab, ukuran gambar hasil screenshot bisa berbeda-beda untuk masing-masing model.

Pengamatan KompasTekno, model iPhone yang digunakan terlihat beragam mulai dari iPhone 7, iPhone 8, iPhone X, iPhone XR, iPhone 12 series, hingga iPhone 13 series.

Penyedia jasa menjanjikan konsumen bisa mendapatkan hasil screenshot dengan font iPhone yang estetik, bisa memilih tampilan light mode/dark mode, dan memiliki ss dengan tampilan antarmuka khas iPhone.

Baca juga: Resmi, Pesan Sekali Lihat di WhatsApp Tidak Bisa Di-screenshot Lagi

Ilustrasi jasa ss iPhone yang ditawarkan lewat Twitter.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi jasa ss iPhone yang ditawarkan lewat Twitter.
Jangan sembarangan beri informasi akun

Saat jasa ss iPhone viral, penyedia jasa terlihat aji mumpung dengan menawarkan jasa lainnya, seperti jasa perekaman layar (screen recorder), jasa repost Instagram story, hingga nge-tweet via iPhone.

Pantauan KompasTekno, penyedia jasa mengharuskan kliennya untuk memberikan informasi login akun, kemungkinan berupa e-mail, username, dan password bila ingin menggunakan layanan ss percakapan di DM Instagram atau media sosial lainnya, repost Instagram story, hingga nge-tweet via iPhone.

Para penyedia jasa kompak menggaungkan akan langsung keluar (logout) dari akun kliennya, begitu screenshot selesai dilakukan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com