Kompas.com - 25/08/2022, 15:15 WIB

KOMPAS.com - Instagram kabarnya sedang menguji fitur baru yakni "IG Candid Challenges". Informasi uji coba fitur ini mulanya ditemukan oleh Alessandro Paluzzi, seorang reverse engineer yang sering membocorkan bakal fitur baru media sosial populer, seperti Instagram.

Dia membagikan temuannya di Twitter dengan handle @alex193a. Dalam twit itu, Paluzzi mengunggah screenshot notifikasi fitur IG Candid. Banner notifikasi itu juga menjelaskan singkat tentang fitur IG Candid Challenges yang akan "menantang" pengguna membagikan foto langsung secara acak setiap hari.

Jadi, nantinya pengguna akan mendapat notifikasi setiap dua menit sekali untuk memotret objek apa pun secara acak, lalu mengunggahnya ke Instagram Story.

Baca juga: Instagram Reels Kini Bisa Dibagikan Langsung ke Facebook

"Tambahkan IG Candid lainnya ke Stories Anda. Setiap hari di waktu yang berbeda, dapatkan notifikasi untuk memotret dan membagikan foto dalam 2 menit," demikian bunyi keterangan Instagram terkait cara kerja fitur IG Candid.

Belum diketahui kapan fitur ini akan mendarat di aplikasi Instagram. Dalam keterangannya Meta, induk Instagram mengonfirmasi uji coba fitur ini.

Hanya saja, Meta mengeklaim bahwa fitur IG Candid Challenges baru diuji coba secara internal oleh perusahaan. Jadi belum dapat dipastikan kapan IG Candid bisa dicoba pengguna Instagram.

"Fitur ini adalah prototipe internal dan bukan pengujian eksternal," kata juru bicara Meta, Christine Pai, dikutip KompasTekno dari The Verge, Kamis (25/8/2022).

Baca juga: Pengguna iPhone, Hati-hati Klik Link di Facebook dan Instagram

Jiplak fitur media sosial BeReal?

Sayangnya fitur itu disinyalir menjiplak fitur dari BeReal, yaitu aplikasi media sosial asal Prancis yang tengah naik daun karena memanfaatkan kamera depan dan belakang ponsel untuk membuat konten.

Paluzzi dalam cuitannya juga menyebutkan bahwa fitur IG Candid terinspirasi dari BeReal.

BeReal sendiri memiliki fitur sama persis seperti informasi petunjuk penggunaan IG Candid, yang mengajak pengguna mengunggah konten secara acak, setiap hari, dalam selang waktu 2 menit. Foto tersebut bisa diambil baik dari kamera depan maupun belakang, secara bersamaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.