Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Disebut Bakal Bikin Sub-brand Baru

Kompas.com - 25/08/2022, 18:45 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi sejauh ini sudah memiliki sub-brand di lini smartphone-nya yaitu Poco dan Redmi. Namun, baru-baru ini vendor smartphone asal China tersebut dikabarkan bakal memiliki sub-brand baru.

Laporan ini dipublikasikan oleh media asal India, The Mobile Indian. Menurut salah seorang sumber yang disebut mengetahui hal tersebut, penambahan sub-brand Xiaomi ini disinyalir akan mencakup smartphone dan tablet yang baru.

Bedanya dengan Poco dan Redmi, smartphone yang berada di bawah sub-brand anyar ini akan menggunakan sistem operasi yang "mendekati Android stock". Artinya, OS yang digunakan akan lebih ringan karena minim bloatware dan minim "modifikasi".

Baca juga: Ponsel Misterius Xiaomi Segera Masuk Indonesia, Redmi A1?

Pakai chipset Snapdragon seri 7

Selain sistem operasi, hal lain yang membedakan adalah penggunaan chipset pada perangkat di bawah sub-brand anyar tersebut.

Smartphone yang dijual nantinya akan menggunakan chipset kelas menengah Snapdragon seri 7.

Artinya, smartphone tersebut diperkirakan bakal dipatok seharga 15.000 rupee sampai 25.000 rupee alias sekitar Rp 2,7 juta hingga Rp 4,6 juta. Poco dan Redmi sebenarnya juga berada di rentang harga yang sama.

Konon smartphone yang ada di bawah sub-brand baru ini nantinya akan diproduksi di India. Besar kemungkinan juga akan dipasarkan di negara tersebut.

Menurut sumber, kehadiran sub-brand ini untuk menyasar "para penggemar teknologi". Nah, dirangkum KompasTekno dari Gadgets 360, Kamis (25/8/2022), “penggemar teknologi” di sana didominasi oleh pencinta ponsel Google Pixel dan OnePlus.

Baca juga: Jumlah Pengguna Ponsel Xiaomi di Seluruh Dunia Saat Ini Tembus 547 Juta

 

Kehadiran sub-brand ini diproyeksikan untuk mengisi ceruk yang mulai ditinggalkan oleh Pixel dan OnePlus, seiring dengan popularitas yang menurun.

Xiaomi sendiri sebenarnya pernah memproduksi ponsel dengan sistem operasi Android murni yakni Mi A1 yang dirilis pada 2017. Kemudian penerusnya, Mi A2, dirilis pada 2018.

Namun, hal ini masih bersifat bocoran, kemungkinan akan ada perubahan/penambahan informasi di masa mendatang.

Xiaomi sendiri juga belum mengumumkan atau memperlihatkan tanda-tanda untuk meluncurkan smartphone bikinannya menggunakan sub-brand baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com