Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/08/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Instagram kini diperkaya dengan fitur kode QR. Bukan hanya untuk membagikan akun pengguna seperti yang sudah tersedia sebelumnya, kode QR kini bisa digunakan pengguna untuk membagikan banyak hal di Instagram, mulai dari lokasi, unggahan feed, hingga Reels.

"Untuk memudahkan orang dan bisnis berbagi konten tertentu, kami belum lama ini meluncurkan dukungan kode QR untuk (berbagi) profil, tag, lokasi, Reels dan lainnya," kata juru bicara Meta, dikutip KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (26/8/2022).

Bagi figur publik, fitur ini dapat dimanfaatkan untuk banyak hal, misalnya untuk promosi film dan agenda mereka ke depan. Bagi musisi, mereka bisa mengunggah kode QR untuk mengarahkan audiens atau pengikutnya di Instagram untuk melihat lagu ataupun album baru yang diunggah ke Reels.

Baca juga: Instagram Uji Coba Fitur IG Candid Challenges, Mirip Medsos BeReal

Pelaku bisnis kuliner juga bisa menggunakan kode QR kemudian mencetaknya, sehingga orang yang melihatnya bisa mengetahui bagaimana tempat yang ditawarkan berdasarkan unggahan di Instagram, sebelum berkunjung langsung.

Sudah tersedia di Indonesia

Pantauan KompasTekno hari ini, Jumat (26/8/2022), fitur QR code sudah tersedia di Instagram Indonesia. Fitur ini bisa ditemukan pada opsi berbagi yang tersedia pada menu tiga titik di setiap unggahan.

Namun, di Indonesia, dukungan kode QR tampaknya baru tersedia untuk unggahan di feed. Sebab, fitur yang sama belum muncul untuk membagikan konten Reels.

Saat fitur kode QR dipilih, Instagram akan menampilkan kode QR konten terkait, berikut dengan tanggal dan keterangan akun yang mengunggah konten itu.

Pengguna akan mendapatkan opsi untuk menyimpannya, sehingga gambar kode QR tersimpan pada folder Instagram di galeri ponsel.

Baca juga: Cara Bagikan Password WiFi dengan QR Code di Ponsel Android

Fitur berbagi pakai kode QR di InstagramKompas.com/Lely Maulida Fitur berbagi pakai kode QR di Instagram

Gambar tersebut nantinya bisa dibagikan melalui Instagram atau aplikasi lainnya untuk dipindai, sehingga mengarahkan pengguna ke unggahan terkait.

Sebelumnya, fitur ini sudah dibocorkan oleh pemerhati aplikasi, Alessandro Paluzzi. Ia berkata bahwa Instagram sedang mengerjakan fitur berbagi menggunakan kode QR. Bocoran tersebut kini terbukti dengan hadirnya dukungan kode QR untuk berbagi konten IG.

Akan tetapi, belum jelas apakah fitur ini sudah diluncurkan ke semua pengguna di seluruh dunia atau digulirkan secara bertahap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.