Kompas.com - 26/08/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Twitter akhirnya melirik podcast dan menghadirkannya dalam fitur Spaces. Perusahaan berlogo burung itu dalam pernyataannya mengumumkan akan merilis Twitter Spaces versi pengujian baru yang mencakup podcast.

Fitur ini memungkinkan pengguna mendengarkan konten melalui daftar putar yang sudah dikurasi berdasarkan minatnya.

Dengan pembaruan itu, tab Spaces di Twitter didesain ulang dan akan menampilkan hub yang disebut "Stations". Hub itu nantinya akan memuat daftar putar yang di diambil dari feed, digabungkan dengan rekaman Spaces Twitter.

Baca juga: Twitter Spaces Kini Bisa Diakses dari Browser Desktop

"Mulai Kamis, 25 Agustus, kami mengintegrasikan podcast ke Twitter sebagai bagian dari tab Spaces yang didesain ulang," kata Twitter dikutip KompasTekno dari blog Twitter, Jumat (26/8/2022).

Dalam praktiknya, Twitter akan mengelompokkan konten audio berdasarkan tema yang sesuai, misalnya tentang berita, musik, olahraga dan lain sebagainya. Konten tersebut terdiri dari konten yang direkam melalui Spaces atau rekaman podcast dari pengguna.

Fitur podcast di TwitterTwitter Fitur podcast di Twitter

Twitter juga mengatakan akan menampilkan podcast yang paling populer dan menarik perhatian pengguna di seluruh dunia. Podcast terpopuler itu kemudian akan direkomendasikan Twitter ke pengguna. Dari setiap podcast, akan tersedia menu jempol yang menunjukkan apakah pengguna menyukainya atau tidak.

"Riset internal kami menunjukkan 45 persen pengguna Twitter di AS juga mendengarkan podcast setiap bulan, jadi kami akan secara otomatis menyarankan podcast yang menarik untuk membantu mereka mendengarkan dan menemukan topik yang ingin mereka dengar lebih lanjut," ujar Twitter dalam postingan yang sama.

Baca juga: Cara Mudah Menggunakan Twitter Spaces, Menjadi Host dan Gabung Forum

Desain ulang tab Spaces

Dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, tab Spaces yang didesain ulang akan terdiri dari tiga bagian utama. Bagian paling atas menampilkan hub Stations yang memuat beragam tema dan topik konten audio yang bisa didengarkan.

Bagian bawah tab tersedia highlight Spaces yang menampilkan konten terpopuler. Ada pula opsi lainnya yang menampilkan daftar Spaces yang akan datang.

Perlu dicatat bahwa fitur podcast Twitter masih dalam tahap uji coba. Twitter mengatakan pengujian ini dilakukan ke sejumlah pengguna global yang memakai bahasa Inggris baik di iOS maupun Android.

Baca juga: Twitter Spaces Dirilis, Ada Syarat Jumlah Follower untuk Jadi Host

Belum diketahui kapan fitur podcast versi stabil diluncurkan Twitter ke semua pengguna. Yang jelas, Twitter akan menunggu tanggapan dari pengguna yang kebagian uji coba terlebih dahulu, seperti pengujian fitur lainnya, sebelum dirilis resmi ke semua pengguna.

Sebelumnya Twitter memang terendus menguji fitur podcast bahkan diketahui menyiapkan tab khusus untuk podcast. Kendati demikian, pada akhirnya Twitter memilih untuk menggabungkan podcast dengan Spaces alih-alih memuatnya khusus, mengingat keduanya sama-sama konten berbasis audio.

"Mengintegrasikan podcast ke Spaces, tempat percakapan audio di Twitter, adalah cara lain kami untuk terus berinvestasi dalam pembuatan audio. Untuk mewujudkannya dengan cara yang sederhana dan intuitif, yang memungkinkan pendengar cukup menekan tombol putar, kami memulainya dengan pengalaman audio yang didesain ulang di tab Spaces," kata Twitter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechCrunch


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.