Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Fitur Komunitas yang Tengah Ramai di Twitter, Mirip Grup Facebook

Kompas.com - 26/08/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan tengah ramai di Twitter, para pengguna membicarakan seputar fitur komunitas. Sebagian di antaranya, dijumpai pula pengguna yang membagikan semacam undangan untuk bergabung ke komunitas di Twitter.

Misalnnya, undangan untuk gabung ke komunitas di Twitter yang dibagikan melalui unggahan Tweet dari akun dengan handle @eupnseok, sebagaimana tertera pada cuplikan di bawah ini.

Baca juga: Arti Kata “Gamon” yang Sering Digunakan di Twitter dan TikTok

Dalam Tweet tersebut, terdapat undangan untuk bergabung ke beberapa komunitas di Twitter dengan topik minat dan ketertarikan yang berbeda-beda. Salah satunya ada undangan untuk gabung ke komunitas dengan minat berbagi playlist lagu.

Pengguna lain yang ingin bergabung ke komunitas tersebut tinggal klik opsi “Lihat Komunitas” dan pilih opsi “Gabung” ketika halamannya telah terbuka.

Sementara itu, kendati tengah ramai dibicarakan akhir-akhir ini, namun komunitas di Twitter sendiri sejatinya bukanlah sebuah fitur baru. Melalui unggahan di blog perusahaan, komunitas Twitter telah dikenalkan sejak 9 September 2021.

Kemudian, dari tanggal tersebut, fitur komunitas Twitter digelontorkan secara bertahap ke semua pengguna. Bila ingin memahami lebih lanjut mengenai fitur ini, berikut KompasTekno rangkumkan apa yang dimaksud dengan komunitas Twitter

Apa itu komunitas Twitter?

Secara sederhana, komunitas Twitter adalah fitur berupa wadah atau forum berisi sekelompok pengguna dengan minat dan ketertarikan yang sama, misal minat untuk jual-beli barang, ketertarikan bahasan masalah teknologi, dan sebagainya.

Bentuk dari fitur ini bisa dikatakan hampir mirip seperti grup Facebook. Namun, opsi dan halaman komunitas Twitter tidak bakal muncul secara otomatis di layar aplikasi selayaknya opsi grup di Facebook.

Dikutip dari laman help Twitter, untuk memunculkan opsi dari fitur tersebut, pengguna perlu bergabung dulu ke komunitas tertentu. Cara gabung komunitas bisa melalui undangan yang dibagikan oleh pengguna lain seperti Tweet yang diunggah oleh @eupnseok di atas.

Setelah bergabung, opsi komunitas Twitter dengan ikon berbentuk seperti dua orang, bakal ditambahkan di bagian bawah sisi tengah layar aplikasi, sebagaimana tertera pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi bergabung dengan komunitas Twitter.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi bergabung dengan komunitas Twitter.

Lewat ikon tersebut, pengguna bisa mengakses halaman linimasa komunitas. Semua unggahan Tweet dan jenis interaksi lainnya yang bersumber dari komunitas bakal ditampilkan di halaman linimasa tersebut.

Interaksi dari komunitas itu tidak akan ditampilkan di halaman linimasa utama. Jadi, untuk melihat Tweet terbaru dari komunitas, pengguna hanya bisa memantaunya di halaman linimasa komunitas.

Untuk lebih memudahkan dalam memahami apa itu komunitas Twitter, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai daftar fitur yang tersedia di dalamnya.

Baca juga: Apa itu Space yang Jadi Pusat Keramaian Fans K-Pop di Twitter?

Fitur komunitas Twitter

1. Terdapat admin, moderator, dan anggota biasa

Di komunitas Twitter, terdapat tiga jenis anggota, yakni admin, moderator, dan anggota biasa. Admin merupakan pengguna yang membuat komunitas. Admin memiliki kemampuan untuk menambah anggota biasa, memilih moderator, dan mengeluarkan anggota.

Kemudian, ada pula moderator yang memiliki kemampuan untuk memantau dan melaporkan pada admin bila terdapat interaksi yang dinilai melanggar peraturan dalam komunitas. Moderator juga dapat mengundang dan mengeluarkan anggota.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com