Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LinkAja Error Hari Ini, Pengguna Komplain Tidak Bisa Beli Tiket KRL

Kompas.com - 26/08/2022, 17:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan keuangan digital LinkAja dikeluhkan mengalami gangguan alias error pada hari ini, Jumat (26/8/2022).

Gangguan ini membuat aplikasi LinkAja tidak bisa diakses. Akibatnya, pengguna KRL yang biasa mengandalkan aplikasi LinkAja untuk membeli tiket KRL ikut mengeluhkan tak bisa membeli tiket.

Pantauan KompasTekno, aplikai LinkAja error itu mulai terjadi pada Jumat siang sekitar pukul 11.30 WIB. Namun, sejumlah pengguna LinkAja di Twitter melaporkan bahwa aplikasi sudah error sejak pagi hari.

Update: Pantauan KompasTekno, layanan LinkAja sudah kembali normal pada 18.45 WIB.

Ketika dibuka, aplikasi LinkAja error karena hanya tidak bisa diakses dan hanya menampilkan informasi berbunyi "Yah, Lagi Ada Gangguan. Tenang, ini bukan salah kamu kok. Klik 'Muat Ulang; untuk coba masuk ke aplikasi lagi, ya!".

Baca juga: LinkAja Tanggapi Kabar PHK Ratusan Karyawan: Ada Reorganisasi SDM

Namun saat diklik "Muat Ulang", tampilan LinkAja masih menunjukkan pesan yang sama. Gangguan aplikasi LinkAja ini masih berlanjut hingga Jumat Sore sekitar pukul 16.00 WIB.

Pengguna KRL tak bisa beli tiket

Sejumlah pengguna aplikasi LinkAja ramai-ramai menyampaikan keluhan LinkAja error melalui Twitter. Mereka mengeluh sambil me-mention akun Twitter resmi @LinkAja.

Kebanyakan pengguna mengeluhkan tidak bisa naik KRL karena mereka tidak bisa membeli tiket KRL melalui LinkAja. Ada pula pengguna yang mengaku tidak bisa pulang karena LinkAja error.

Seperti akun dengan handle @ynjaesoo_ yang mengatakan ia tidak bisa pulang karena kesulitan membeli tiket kereta.

Hal senada diutarakan oleh handle @ameliyours. Ia juga mengeluhkan tidak bisa membeli tiket kereta.

Gangguan ini tampaknya tak hanya terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya, di wilayah lain seperti Yogyakarta.

Akun @inimeifang mengeluhkan bahwa ia tidak bisa pulang dari stasiun Tugu Yogyakarta ke Solo karena aplikasi LinkAja error hari ini.

Karena masih error, pengguna KRL yang biasanya menggunakan LinkAja juga akhirnya ada yang memutuskan untuk membeli Kartu Multi Trip (KMT), kartu uang elektronik yang diterbitkan oleh PT Kereta Commuter Indonesia.

Sejumlah pengguna lain juga mengeluhkan aplikasi LinkAja error membuat mereka gagal melakukan transaksi, termasuk saat ingiin membeli bensin dengan aplikasi MyPertamina.

Baca juga: Cara Naik KRL Tanpa Kartu, Bayar Pakai Aplikasi LinkAja

LinkAja tangani masalah

LinkAja menegaskan pihaknya sudah mengetahui adanya kondisi kendala teknis pada jaringan yang menyebabkan fitur dan layanan di aplikasi LinkAja tidak dapat digunakan. LinkAja mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah melakukan penanganan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com