Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencari dan Gabung Komunitas Twitter dengan Mudah

Kompas.com - 27/08/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Twitter memiliki beberapa fitur yang mungkin belum banyak diketahui pengguna, misalnya Komunitas Twitter. Lantas, apa itu komunitas Twitter? Komunitas Twitter adalah forum berisi sekelompok pengguna dengan minat dan ketertarikan yang sama.

Komunitas Twitter secara pengoperasiannya hampir sama dengan fitur grup di Facebook. Di Twitter, terdapat beberapa komunitas yang bisa diikuti, misalnya komunitas dengan minat untuk jual-beli barang atau komunitas dengan ketertarikan bahasan seputar teknologi.

Baca juga: Mengenal Fitur Komunitas yang Tengah Ramai di Twitter, Mirip Grup Facebook

Pengguna yang belum terbiasa dengan fitur komunitas Twitter mungkin bakal sedikit kesulitan untuk mengoperasikannya. Pasalnya, opsi komunitas Twitter tak bakal bisa dijumpai secara langsung di layar aplikasi.

Supaya opsi dari fitur tersebut muncul di layar aplikasi, pengguna perlu bergabung dulu ke satu komunitas tertentu. Bila telah bergabung, opsi komunitas Twitter dengan ikon berbentuk seperti dua orang, bakal ditambahkan di bagian bawah sisi tengah layar aplikasi.

Lalu, bagaimana cara gabung komunitas Twitter? Langkah awal yang bisa dilakukan buat gabung komunitas Twitter adalah dengan mencari tautan undangannya terlebih dahulu. Jika Anda tertarik, berikut adalah cara mencari komunitas Twitter.

Cara mencari komunitas Twitter

  • Silakan buka halaman pencarian di Twitter.
  • Selanjutnya, cari komunitas tertentu yang sekiranya ingin diikuti dengan kueri seperti “komunitas jual beli”, “apple community”, dan sebagainya.
  • Setelah hasilnya ditampilkan, cari unggahan Tweet pengguna yang membagikan undangan gabung komunitas Twitter.

Itulah cara mencari komunitas Twitter. Cara tersebut berguna saat Anda belum pernah sama sekali bergabung atau menjadi anggota komunitas Twitter. Setelah menemukan tautan undangan tersebut, berikut adalah cara gabung komunitas Twitter.

Baca juga: Link dan Cara Main Game Countryle yang Ramai Dibagikan di Twitter

Cara gabung komunitas Twitter

  • Pada unggahan Tweet berisi undangan gabung komunitas Twitter, silakan klik opsi “Lihat Komunitas”.
  • Selanjutnya, halaman profil dari komunitas tersebut bakal terbuka.
  • Pada halaman profil komunitas, silakan klik opsi “Gabung”.
  • Setelah itu, Anda bakal otomatis bergabung menjadi anggota pada komunitas Twitter itu.

Ilustrasi cara gabung komunitas Twitter.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara gabung komunitas Twitter.

Seandainya baru tergabung jadi anggota komunitas Twitter untuk pertama kali, Anda bakal melihat munculnya ikon berbentuk dua orang di layar aplikasi Twitter. Dengan kemunculan ikon tersebut, artinya opsi dan halaman linimasa komunitas Twitter telah aktif.

Bila telah aktif, Anda bisa mencari nama komunitas Twitter lain langsung lewat halaman tersebut. Di halaman linimasa komunitas Twitter, hasil pencarian dapat fokus ke nama-nama komunitas saja. Tidak bercampur unggahan lain seperti di halaman pencarian Twitter.

Setidaknya terdapat dua jenis komunitas Twitter yang dibedakan berdasar sifat keanggotaannya. Pertama, komunitas Twitter dengan keanggotaan terbuka, artinya siapa pun bisa bebas bergabung tanpa perlu disetujui dulu oleh admin atau moderator.

Kedua, komunitas Twitter tertutup yang berarti untuk menjadi anggota di dalamnya membutuhkan persetujuan admin atau moderator terlebih dahulu. Cukup mudah bukan untuk gabung komunitas Twitter?

Baca juga: Apa itu Space yang Jadi Pusat Keramaian Fans K-Pop di Twitter?

Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada aplikasi Twitter di iPhone berbasis iOS 15.5. Beda wadah untuk mengakses aplikasi Twitter, mungkin bakal beda pula letak opsinya. Demikian cara gabung komunitas Twitter dengan mudah, semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com