DJI Avata Meluncur, Drone FPV yang Bisa Terbang 18 Menit

Kompas.com - 28/08/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - DJI memperkenalkan drone anyar buatannya bernama DJI Avata. Drone ini ditujukan khusus untuk merekam video dari sudut pandang orang pertama (first person view/FPV).

Video FPV biasa digunakan untuk merekam aktivitas outdoor yang ekstrem. Seperti digunakan dalam beragam ajang balap mobil atau motor profesional, di mana kamera menampilkan sudut pandang si pembalap.

Drone Avata ini dirancang dengan menggunakan aksesori kacamata DJI Googles 2/FPV Goggles V2 serta remote control DJI Motion/DJI FPV 2. Tujuannya agar operator drone bisa melihat lebih nyata dan seakan tengah "terbang" di udara.

Drone DJI Avata datang dengan dimensi panjang 180 mm, lebar 180 mm, tinggi 80 mm, dengan bobot sekitar 410 gram. Drone ini memiliki empat baling-baling yang sudah memiliki pelindung bawaan.

Baca juga: Gimbal DJI RS 3 dan RS 3 Pro Sudah Bisa Dipesan di Indonesia, Ini Harganya

Untuk urusan kamera, FPV drone terbaru dari DJI ini dilengkapi kamera ultrawide 48 MP dengan bidang pandang 155 derajat. Kamera tersebut menggunakan sensor Sony CMOS berukuran 1/1,7 inci.

Drone DJI Avata ini mendukung perekaman video format 4K dengan frame rate hingga 60 fps dan bitrate 150 Mbps. Kamera drone juga bisa merekam dengan frame rate yang lebih tinggi yaitu hingga 120 fps jika diatur dalam resolusi 1080p.

DJI Avata.dji.com DJI Avata.
Perangkat ini mendukung beberapa mode perekaman, yaitu Normal, Manual, hingga Sport Mode.

Supaya perekaman tetap stabil ketika bermanuver, DJI turut membekali perangkat ini dengan gimbal single-axis yang dilengkapi dengan teknologi penstabil gambar DJI RockSteady dan DJI HorizonSteady.

Drone ini memiliki penyimpanan internal 20 GB yang dapat diekspansi dengan kartu microSD hingga 256 GB. Perangkat ini juga bisa dikontrol dari jarak yang jauh, maksimal 10 km.

Untuk urusan daya, DJI Avata dibekali baterai 2.420 mAh yang diklaim dapat bertahan selama 18 menit. Spesifikasi DJI Avata dapat disimak selengkapnya di tautan berikut.

Baca juga: Drone DJI Mini 3 Pro Meluncur, Sudah Bisa Dipesan di Indonesia

Drone DJI Avata dijual seharga 628 dollar AS atau sekitar Rp 9,3 juta. Perangkat ini juga tersedia dalam paket bundling sebagai berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Minggu (28/8/2022):

  • Bundling DJI Avata, DJI Goggles 2, dan DJI Motion Controller - 1.388 dollar AS (sekitar Rp 20,5 juta)
  • Bundling DJI Avata, DJI FPV Goggles V2, dan DJI Motion Controller - 1.168 dollar AS (sekitar Rp 17,3 juta)

Belum ada informasi lebih lanjut apakah FPV drone DJI Avata ini bakal ikut dipasarkan di Indonesia atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.