Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing dan Kesan Pertama Menggenggam Oppo Reno 8

Kompas.com - 28/08/2022, 16:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Reno 8 resmi dirilis beberapa waktu di Tanah Air. Ponsel ini merupakan suksesor dari Oppo Reno 7 yang diluncurkan pada Maret lalu. 

Meski posisinya sebagai generasi penerus, Reno 8 memiliki harga yang lebih terjangkau dibanding Reno 7.

Apabila melihat banderol peluncurannya, ponsel terbaru Oppo ini dijual Rp 5 juta, lebih rendah dibanding "adiknya" yang kala itu dijual Rp 5,2 juta.

Dengan harga yang lebih murah, pembeli Reno 8 masih akan mendapatkan aksesori dan kelengkapan lain di dalam kotak penjualan.

Baca juga: Membuka Kotak dan Menjajal Oppo Reno 8 5G yang Dijual Rp 8 Juta

Kelengkapan tersebut terdiri dari kabel data USB-A ke USB-C, "kepala" atau adapter charger berdaya 33 watt, jelly softcase, SIM ejector, buku panduan, dan kartu garansi.

Isi kotak penjualan Oppo Reno8. Selain unitnya, pembeli Reno8 akan mendapatkan aksesori dan kelengkapan lainnya. Mereka adalah kabel data USB-A ke USB-C, kepala atau adapter charger berdaya 33 watt, jelly softcase, SIM ejector, buku panduan, dan kartu garansi. Adapun tampilan kotak penjualan Reno8 memiliki desain dan warna yang sama persis dengan Reno7, yaitu dibalut dengan mayoritas warna hijau toska dengan sentuhan hitam di bagian bawahnya.

Bedanya tentu saja terlihat di tulisan OPPO Reno8 dan angka 8, alih-alih OPPO Reno7 dan angka 7.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Isi kotak penjualan Oppo Reno8. Selain unitnya, pembeli Reno8 akan mendapatkan aksesori dan kelengkapan lainnya. Mereka adalah kabel data USB-A ke USB-C, kepala atau adapter charger berdaya 33 watt, jelly softcase, SIM ejector, buku panduan, dan kartu garansi. Adapun tampilan kotak penjualan Reno8 memiliki desain dan warna yang sama persis dengan Reno7, yaitu dibalut dengan mayoritas warna hijau toska dengan sentuhan hitam di bagian bawahnya. Bedanya tentu saja terlihat di tulisan OPPO Reno8 dan angka 8, alih-alih OPPO Reno7 dan angka 7.

Adapun tampilan kotak penjualan Reno 8 memiliki desain dan warna yang sama persis dengan Reno 7, yaitu dibalut dengan mayoritas warna hijau toska dengan sentuhan hitam di bagian bawahnya.

Bedanya tentu saja terlihat di tulisan "OPPO Reno8" dan angka "8", alih-alih "OPPO Reno7" dan angka "7".

Baca juga: Beda Spesifikasi Oppo Reno 8 5G dan Reno 8 4G, Selisih Harga Rp 3 Juta

Selain tampilan dan isi kotaknya, desain Reno8 juga sekilas mirip dengan Reno7. Ponsel ini masih mengadopsi bingkai (frame) rata (flat) yang masih menyertakan lubang audio jack 3.5 mm yang disematkan di bingkai bagian bawah perangkat.

Di sisi yang sama, terdapat pula lubang mikrofon, konektor USB-C, dan lubang speaker. Sementara di sisi sebaliknya alias bingkai bagian atas Reno 8 hanya dihiasi dengan lubang mikrofon.

Beralih ke bingkai bagian kiri perangkat, di sisi ini terdapat tombol volume dan laci kartu SIM yang berjenis triple slot. Artinya, pengguna bisa memasang dua kartu SIM dan satu kartu microSD secara bersamaan. 

Sedangkan di bingkai bagian kanan perangkat hanya terdapat satu tombol saja, yaitu tombol power.

Baca juga: 6 Fitur Unggulan Oppo Reno 8 5G yang Dibanderol Rp 8 Juta

Bodi Oppo Reno 8 yang lebih besar

Bagian punggung Oppo Reno8. Ponsel ini memiliki dua varian warna yaitu Dawnlight Gold dan Starlight Black. Kebetulan unit yang kami jajal adalah Reno8 varian Dawnlight Gold. Varian ini menghasilkan kesan warna emas kebiruan nan mengilap yang bisa berubah-ubah ketika punggung perangkat dilihat dari berbagai sisi. KOMPAS.com/BILL CLINTEN Bagian punggung Oppo Reno8. Ponsel ini memiliki dua varian warna yaitu Dawnlight Gold dan Starlight Black. Kebetulan unit yang kami jajal adalah Reno8 varian Dawnlight Gold. Varian ini menghasilkan kesan warna emas kebiruan nan mengilap yang bisa berubah-ubah ketika punggung perangkat dilihat dari berbagai sisi.

Meski banyak hal yang serupa, perbedaan langsung terasa ketika KompasTekno menggenggam Reno 8.

Ponsel yang diluncurkan pada 15 Agustus lalu itu kini terasa sedikit lebih besar dan berat dibanding Reno7.

Wajar saja lantaran di atas kertas, Reno 8 memiliki dimensi ketebalan 7,7 mm dengan bobot 182 gram. Sedangkan untuk Reno 7, dimensi ketebalannya dipatok di angka 7,5 mm dengan bobot 175 gram.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com