Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Depan Sony Xperia 1 V Bakal Dibikin "Anti-mainstream"?

Kompas.com - 29/08/2022, 08:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini, layar depan smartphone biasanya memiliki lubang kecil (punch hole) atau poni (notch) untuk menampung kamera depannya. Beberapa ponsel juga sudah mulai dibekali kamera depan di bawah layar.

Rumor menyebutkan metode pembenaman kamera depan bakal bertambah lagi dengan hadirnya teknologi kamera depan yang dibenamkan dalam lubang mikro. Teknologi ini disebut sebagai "ultra-micro-hole" atau "micro-matrix multi camera".

Teknologi kamera depan dengan ultra-micro hole itu digadang-gadang bakal menjadi solusi untuk menyembunyikan kamera depan dalam bingkai ponsel (bezel) yang sangat tipis. Sehingga, layar bisa hadir lebih bersih tanpa ada lubang atau poni kamera depan.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Ponsel Sony Xperia 5 IV, Bakal Dukung Wireless Charging?

Salah satu smartphone yang diyakini bakal menggunakan teknologi baru ini adalah ponsel flagship Sony Xperia 1 V (dibaca Sony Xperia One Mark Five). Ponsel ini bakal menjadi suksesor Sony Xperia 1 IV yang diperkenalkan pada Mei 2022.

Apabila rumor ini benar, Sony Xperia 1 V bakal menggunakan desain kamera depan yang "anti-mainstream" atau belum umum digunakan banyak smartphone di pasaran saat ini. Lantas, bagaimana penampakan kamera depan anti-mainstream di Sony Xperia 1 V nantinya?

Ilustrasi Sony Xperia 1 V yang dirumorkan bakal dibekali kamera depan dengan desain empat lubang mikro, alih-alih punch hole atau notch.sumahodigest.com Ilustrasi Sony Xperia 1 V yang dirumorkan bakal dibekali kamera depan dengan desain empat lubang mikro, alih-alih punch hole atau notch.
Kamera depan dengan empat lubang mikro?

Menurut gambar ilustrasi yang dibagikan situs Sumahodigest, Sony Xperia 1 V bakal memiliki tidak hanya satu, melainkan empat "ultra-micro-hole" yang tersusun horizontal sejajar.

Kamera depan lubang mikro itu bisa ditempatkan dalam dua skenario berbeda. Pertama diletakkan di bezel Sony Xperia 1 V yang sangat tipis sehingga layar terlihat bersih dari lubang atau poni, seperti gambar di atas.

Baca juga: Sony Xperia Ace III Meluncur dengan Snapdragon 480

Skenario kedua, empat lubang mikro kamera depan ponsel ini dibenamkan di sisi tengah atas layar, seperti penempatan punch hole atau poni di ponsel pada umumnya.

Berbeda dengan kamera depan pada umumnya, ponsel yang dibekali kamera depan dengan teknologi lubang mikro bakal menangkap gambar dengan mengombinasikan hasil gambar dari lubang-lubang mikro yang ditanamkan.

Dalam kasus Sony Xperia 1 V, foto kamera depannya diyakini bakal dihasilkan dari kombinasi tangkapan gambar empat lubang mikro tadi.

Menurut laporan Sumahodigest, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (29/8/2022), kamera depan dengan ultra-micro-hole ini sudah dikembangkan oleh Sony dalam beberapa waktu terakhir.

Saat ini, diyakini teknologi tersebut bakal diproduksi massal melalui Sony Xperia 1 V. Namun, perlu dicatat, informasi di atas masih berupa bocoran semata. Sebab, kehadiran Sony Xperia 1 V sendiri masih menjadi misteri mengingat Sony belum mengumbar jadwal peluncurannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com