Stok Kartu Grafis Nvidia Kini Melimpah Setelah Sempat Gaib pada 2021

Kompas.com - 29/08/2022, 09:01 WIB

KOMPAS.com - Sesuai prediksi sebelumnya, stok kartu grafis (GPU) dilaporkan membaik pada semester kedua 2022 ini.

Tak hanya membaik, stok GPU bahkan disebut melimpah, setelah sempat menjadi barang "gaib" pada 2021 lalu. Setidaknya begitulah yang terjadi di Nvida, perusahaan produsen prosesor grafis asal Amerika Serikat.

Dalam pemaparan laporan keuangan kuartal II tahun fiskal 2023, CEO Nvidia Jensen Huang mengungkapkan bahwa perusahaan sedang menangani kelebihan persediaan dari GPU seri RTX 3000, menjelang peluncuran seri RTX 4000 generasi selanjutnya akhir tahun ini.

Padahal pada 2021, kelangkaan chip yang menghantam industri teknologi global membuat GPU Nvidia GeForce, macam GeForce RTX 3070, 3080, dan 3090 langka dan susah dibeli di pasaran.

Baca juga: Penambang Bitcoin di China Ramai-ramai Jual GPU dengan Harga Murah

Kalaupun ada stok, GPU dibanderol dengan harga selangit. Bahkan, bisa dibilang tak ada GPU baru yang dijual sesuai dengan harga ritel eceran (SRP) yang ditetapkan oleh vendor pembuatnya.

Kini, Nvida berhasil mengatasi kelangkaan GPU miliknya tersebut. Namun, di sisi lain, pasokan GPU Nvidia menjadi berkelebihan. Padahal, Nvidia tengah bersiap meluncurkan seri GPU GeForce RTX 4000 generasi selanjutnya.

Untuk menyiasati masalah ini, menurut Huang, Nvidia bakal mengurangi pasokan GPU ke mitra produsen kartu grafis dan laptopnya. Sehingga, mitra Nvidia bisa menghabiskan stok kartu grafis yang dimilikinya terlebih dahulu.

Tak hanya itu, Nvidia juga bakal memotong harga seri GPU yang beredar saat ini, demi kelancaran peluncuran seri GPU GeForce RTX 4000 generasi selanjutnya.

Baca juga: Bocoran Hasil Benchmark GPU Nvidia GeForce RTX 4090, Dua Kali Lebih Kencang dari RTX 3090?

Secara teori, konsumen bakal bisa membeli harga GPU Nvidia GeForce generasi saat ini dengan harga yang lebih murah. Namun faktor harga juga bergantung dengan mitra peritel GPU Nvidia.

Wujud nyata kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3090 Ti.Nvidia Wujud nyata kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3090 Ti.
Berbicara sedikit soal bisnis, Nvidia membukukan pendapatan sebesar 6,7 miliar dollar AS (setara Rp 99,3 triliun) pada kuartal II-2022 ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.