BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Kupas 5 Keunggulan Oppo Reno8 5G, Ponsel Mid-Range Rasa Flagship

Kompas.com - 29/08/2022, 18:29 WIB

KOMPAS.com – Oppo resmi membuka penjualan perdana Reno8 Series ke pasar Indonesia, Jumat (26/8/2022). Dua Series yang diluncurkan adalah Oppo Reno8 5G dan Oppo Reno8 yang masing-masing dibanderol Rp 4,9 juta dan Rp 7,9 juta.

Dengan banderol harga tersebut, Oppo ikut menyasar pengguna ponsel kelas mid-range sebagai pangsa pasar terbesar di Tanah Air. Berdasarkan data dari IDC WorldWide Quarterly Mobile Phone Tracker 2021, seperti yang ditulis Kompas.com, Selasa (31/5/2022), ponsel kelas mid-range dan low end masih menguasai 75 persen pangsa pasar di Indonesia.

Meski hadir dengan harga terjangkau, spesifikasi ponsel teranyar itu disebut tak kalah dengan smartphone kelas flagship, khususnya pada Oppo Reno8 5G.

Baca juga: Unboxing dan Kesan Pertama Menggenggam Oppo Reno 8

Oppo melakukan beragam pembaruan dan meng-upgrade beberapa fitur yang telah jadi andalannya. Dengan kata lain, Oppo memberikan standar baru bagi ponsel mid-range berkat spesifikasi yang dibangun pada Oppo Reno8 5G.

Pantauan Kompas.com, sedikitnya ada lima keunggulan Oppo Reno8 5G yang membuatnya seperti ponsel kelas flagship. Simak penjelasan berikut.

Oppo Reno8 5G meramaikan pasar ponsel mid-range dengan keunggulan yang mirip seperti flagship.Oppo Oppo Reno8 5G meramaikan pasar ponsel mid-range dengan keunggulan yang mirip seperti flagship.

Pertama, dengan konsep “The Portrait Expert”, Oppo Reno8 5G seolah ingin menunjukkan keunggulan kameranya melalui desain geometrik unik pada bodi belakang unit. Keunggulan kamera belakang Oppo Reno8 5G turut didukung dengan dua sensor flagship rancangan Sony, yakni sensor Sony IMX766 pada kamera belakang dan Sony IMX709 RGBW pada kamera depan.

Adapun tiga kamera belakang Oppo Reno8 5G meliputi kamera 50 megapiksel (MP), kamera ultrawide 8MP, dan kamera makro 2 MP. Dengan sensor Sony IMX766 berukuran 1/1.56 inchi, pengguna bisa mengambil foto dan video lebih jelas meski berada pada kondisi cahaya redup atau malam hari.

Kehadiran Dual Sensor dari Sony menjadi salah satu keunggulan kamera Oppo Reno8 5G yang mampu mengabadikan momen apa pun meski malam hari atau minim cahaya. Oppo Kehadiran Dual Sensor dari Sony menjadi salah satu keunggulan kamera Oppo Reno8 5G yang mampu mengabadikan momen apa pun meski malam hari atau minim cahaya.

Pasalnya, sensor tersebut mampu menangkap 63,8 persen cahaya sekitar obyek foto. Hasil foto Oppo Reno8 5G juga dijamin akan lebih tajam berkat DOL-HDR yang ditambahkan pada kamera belakang.

Sementara, sensor Sony IMX709 RGBW pada kamera depan dengan piksel putih mampu membuat kamera ponsel menangkap spektrum lebih baik dan sensitif dalam menangkap cahaya.

Dikombinasikan dengan teknologi milik Oppo, Quadra Binning Algorithm, kamera depan Oppo Reno8 5G mampu mengurangi noise hingga 35 persen daripada sensor RGGB standar.

Oppo memang mengembangkan sensor tersebut secara khusus agar kamera ponselnya dapat meningkatkan tangkapan cahaya tanpa mengurangi informasi warna. Dengan seluruh kemampuan itu, Oppo Reno8 5G siap dipakai untuk mengabadikan momen dalam kondisi apa pun.

Baca juga: Ini Kelebihan Kamera Selfie Oppo Reno 8 yang Bersensor Sony IMX709

Kedua, fitur Ultra Night Video dan Ultra HDR Video untuk megoptimalkan performa. Kehadiran dua fitur ini membuat kamera ponsel secara otomatis mampu mendeteksi cahaya. Dengan begini, hasil rekaman video akan jauh lebih jernih.

Tak hanya itu, algoritma Turbo RAW yang ditingkatkan dan pengurangan noise dapat dilakukan pada tiga lapisan warna R/G/B secara paralel pada fitur Night Portrait. Ini membuat pengguna jadi semakin puas karena video yang dihasilkan bersih, sekalipun perekaman diambil dalam kondisi minim cahaya. 

Oppo Reno8 5G juga dilengkapi dengan AI Portrait Retouching yang berkemampuan mendeteksi 193 titik pengenalan wajah. Oppo menambahkan AI berbasis algoritma pada kamera depan untuk merekam video dan selfie, serta group- selfie (groupfie) yang lebih jelas.

Baca juga: Oppo Reno 8 Versi 5G dan 4G Sudah Bisa Dibeli di Indonesia, Ini Harga serta Spesifikasinya

Ketiga, Oppo Reno8 5G mengandalkan chipset MediaTek Dimensity 1300 5G (6nm) untuk menghadirkan kinerja ponsel yang lebih baik. Prosesor octa-core itu terdiri dari single-core ARM Cortex-A78 dengan kecepatan 3GHz, triple-core ARM Cortex-A78 dengan kecepatan 2,66 GHz, dan quad-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 2 GHz.

Prosesor dengan kecepatan hingga 2GHz itu dipadukan dengan random access memory (RAM) 8 gigabita (GB) serta penyimpanan media 256 GB. Bahkan, pengguna bisa menambahkan kapasitas RAM hingga 5 GB.

Kombinasi mesin berdaya komputasi terbaik serta kapasitas RAM yang besar membuat Oppo Reno8 5G sanggup diajak multitasking tanpa hambatan.

Dengan prosesor yang ?galak? serta fitur kamera yang dimaksimalkan, kinerja Oppo Reno8 5G jadi semakin mantap berkat daya baterai besar berteknologi SuperVOOC. Oppo Dengan prosesor yang ?galak? serta fitur kamera yang dimaksimalkan, kinerja Oppo Reno8 5G jadi semakin mantap berkat daya baterai besar berteknologi SuperVOOC.

Keempat, Oppo Reno8 5G didukung daya baterai 4.500 mAh di samping teknologi pengisian daya cepat SuperVOOC 80 watt. Dengan prosesor yang “galak” serta fitur kamera yang dimaksimalkan, kinerja Oppo Reno8 5G jadi semakin mantap berkat daya baterai besar berteknologi SuperVOOC. Teknologi ini membuat pengguna hanya perlu 12 menit untuk mengisi daya ponsel dari nol hingga 50 persen.

Bahkan, dengan 5 menit pengisian daya, Anda bisa menggunakan ponsel ini untuk bermain 2 jam tanpa henti.

Kelima, Oppo Reno8 5G menggunakan desain unibody streamlined yang memberikan kesan seamless. Dengan ketebalan bodi hanya sekitar 7,67 milimeter (mm), ponsel seberat 179 gram ini jadi nyaman untuk digenggam seharian.

Selain itu, interior Oppo Reno8 5G turut dibungkus dengan desain yang elegan khas ponsel flagship. Permukaan body yang mulus dengan pilihan warna Shimmer Gold dan Shimmer Black berefek gradien juga memberikan kesan mewah dan berkelas pada ponsel tersebut.

Baca juga: Unboxing dan Kesan Pertama Menggenggam Oppo Reno 8

Finishing Oppo Reno8 5G pun menggunakan desain Oppo Glow sehingga ponsel yang digunakan akan bebas dari bekas sidik jari.

Untuk urusan layar, Oppo Reno8 5G menggunakan teknologi AMOLED Display berukuran 6.4 inchi yang mampu menghadirkan 90Hz refresh rate sehingga pergerakan layar lebih mulus dengan touch sampling rate 180 Hz dan brightness maksimum 800 nit. Layarnya juga dibenamkan SGS Eye Care Display untuk mengurangi emisi cahaya biru bagi pengguna.

Itulah lima keunggulan Oppo Reno8 5G. Memakai ponsel ini, Anda akan mendapatkan pengalaman selayaknya menggunakan smartphone kelas flagship.

Finishing Oppo Reno8 5G menggunakan desain Oppo Glow sehingga ponsel yang digunakan akan bebas dari bekas sidik jari. Oppo Finishing Oppo Reno8 5G menggunakan desain Oppo Glow sehingga ponsel yang digunakan akan bebas dari bekas sidik jari.

Sebagai informasi, kedua seri Oppo Reno8 dapat dipesan secara daring di e-commerce, toko luring resmi Oppo Store, dan partner retail resmi Oppo di seluruh Indonesia. Saat ini, Oppo memberikan penawaran eksklusif bagi Anda yang ingin membelinya.

Pengguna Oppo Reno8 Series bisa menerima keuntungan lebih banyak dari aplikasi My OPPO hingga 7.000 poin.

Baca juga: Cerita Pembeli Oppo Reno 8 5G, Kepincut Kamera Bening dan Pertama Kali Ikut Pre-order

Poin yang didapatkan pengguna dapat ditukar dengan voucer belanja di Toys Kingdom dan gratis Playdoh Sand EZ Strech senilai Rp 129.000, dua lusin donat Krispy Kreme dengan harga Rp 100.000, serta gratis cookies atau ice cream di Doughlab.

Tak hanya itu, pengguna Oppo Reno8 Series juga berkesempatan untuk mendapatkan voucer Ruangguru dengan potongan hingga 60 persen Paket Ruangbelajar selama satu tahun, voucer belanja senilai Rp 20.000 di Chatime, dan voucer belanja senilai Rp 50.000 di Kenangan Group.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.