Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda dengan PS5, Harga Konsol Game Nintendo Switch Dipastikan Tidak Naik

Kompas.com - 30/08/2022, 08:02 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Eurogamer

KOMPAS.com - Pekan lalu, Sony mengumumkan bahwa mereka akan menaikkan harga konsol game terbarunya, PlayStation 5 (PS5) di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Hal itu dilakukan untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan dari masalah ekonomi global, salah satunya seperti tingkat inflasi yang tinggi.

Berbeda dengan Sony, Nintendo mengatakan bahwa pihaknya tidak akan menaikkan harga konsol game Nintendo Switch, setidaknya untuk saat ini. 

Baca juga: Sony Naikkan Harga PS5 di Sejumlah Wilayah

Hal tersebut disampaikan langsung oleh President Nintendo, Shuntaro Furukawa dalam sebuah acara yang digelar pada Juni lalu.

Menurut pihak Nintendo, langkah atau strategi penerapan harga perangkat mereka saat ini, terutama setelah adanya pengumuman Sony terkait PS5 tadi, masih sama dengan apa yang disampaikan Furukawa Juni lalu.

"Saat ini kami tidak memiliki rencana untuk mengubah harga perangkat keras kami (Nintendo Switch) karena inflasi atau peningkatan biaya pengadaan di setiap negara," ujar Furukawa pada rapat tahunan Nintendo yang ke-82 Juni lalu.

"Ke depannya, kami akan menentukan strategi penetapan harga kami melalui sejumlah pertimbangan yang cermat dan berkelanjutan. Namun untuk saat ini, kami tekankan, kami belum ada rencana untuk menaikkan harga perangkat kami," imbuh Furukawa.

Selain Nintendo, Microsoft juga sebelumnya memastikan bahwa konsol game terbaru mereka, yaitu Xbox Series S/X tidak akan mengalami kenaikan harga.

Baca juga: Beda dengan PS5, Harga Xbox Series X dan Series S Dipastikan Tidak Naik

Hal itu dilakukan demi memberikan penawaran terbaik untuk para pengguna yang membutuhkan perangkat gaming, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Eurogamer, Selasa (30/8/2022).

"Harga eceran yang disarankan untuk Xbox Series S tetap di angka 299 dollar AS (sekitar Rp 4,4 juta) dan Xbox Series X adalah 499 dollar AS (sekitar Rp 7,4 juta)," ujar juru bicara Microsoft belum lama ini.

Harga PS5 naik, termasuk di Indonesia

Ilustrasi controller PS5T3 Magazine Ilustrasi controller PS5

Sebelumnya, Sony resmi menetapkan harga eceran resmi (SRP) terbaru untuk konsol PlayStation 5 (PS5). Hal itu diumumkan sekitar Kamis (25/8/2022) lalu di situs PlayStation Blog di beberapa negara.

Dalam pengumuman tersebut, harga PS5 yang dijual di Eropa, Inggris, Jepang, China, Australia, Meksiko, dan Kanada mengalami kenaikan mencapai 20 persen dari harga normal.

Sony menjelaskan bahwa kenaikan harga ini disebabkan oleh tantangan ekonomi global yang dihadapi sejumlah perusahaan dunia saat ini.

Raksasa teknologi asal Jepang ini mengaku ikut menerima dampak langsung dari inflasi global yang saat ini tengah melanda bisnis global.

Selain di beberapa wilayah tadi, harga PS5 di Indonesia juga turut mengalami peningkatan sebesar Rp 900.000, baik untuk Sony PS5 Disc Version maupun PS5 Digital Version.

Baca juga: Resmi, Harga PS5 di Indonesia Naik Rp 900.000

Harga terbaru untuk PS5 Disc Version kini naik menjadi Rp 9,7 juta, sedangkan PS5 Digital Version kini dijual dengan harga Rp 8,2 juta.

Sebagai perbandingan, harga SRP untuk PS5 Disc Version yang dijual di pasar Indonesia sebelumnya adalah Rp 8,8 juta dan Rp 7,3 juta untuk PS5 Digital Version. Daftar harga Sony PS5 terbaru di Indonesia bisa dilihat melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Eurogamer
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com