Kompas.com - 30/08/2022, 08:02 WIB

KOMPAS.com - Pekan lalu, Sony mengumumkan bahwa mereka akan menaikkan harga konsol game terbarunya, PlayStation 5 (PS5) di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Hal itu dilakukan untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan dari masalah ekonomi global, salah satunya seperti tingkat inflasi yang tinggi.

Berbeda dengan Sony, Nintendo mengatakan bahwa pihaknya tidak akan menaikkan harga konsol game Nintendo Switch, setidaknya untuk saat ini. 

Baca juga: Sony Naikkan Harga PS5 di Sejumlah Wilayah

Hal tersebut disampaikan langsung oleh President Nintendo, Shuntaro Furukawa dalam sebuah acara yang digelar pada Juni lalu.

Menurut pihak Nintendo, langkah atau strategi penerapan harga perangkat mereka saat ini, terutama setelah adanya pengumuman Sony terkait PS5 tadi, masih sama dengan apa yang disampaikan Furukawa Juni lalu.

"Saat ini kami tidak memiliki rencana untuk mengubah harga perangkat keras kami (Nintendo Switch) karena inflasi atau peningkatan biaya pengadaan di setiap negara," ujar Furukawa pada rapat tahunan Nintendo yang ke-82 Juni lalu.

"Ke depannya, kami akan menentukan strategi penetapan harga kami melalui sejumlah pertimbangan yang cermat dan berkelanjutan. Namun untuk saat ini, kami tekankan, kami belum ada rencana untuk menaikkan harga perangkat kami," imbuh Furukawa.

Selain Nintendo, Microsoft juga sebelumnya memastikan bahwa konsol game terbaru mereka, yaitu Xbox Series S/X tidak akan mengalami kenaikan harga.

Baca juga: Beda dengan PS5, Harga Xbox Series X dan Series S Dipastikan Tidak Naik

Hal itu dilakukan demi memberikan penawaran terbaik untuk para pengguna yang membutuhkan perangkat gaming, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Eurogamer, Selasa (30/8/2022).

"Harga eceran yang disarankan untuk Xbox Series S tetap di angka 299 dollar AS (sekitar Rp 4,4 juta) dan Xbox Series X adalah 499 dollar AS (sekitar Rp 7,4 juta)," ujar juru bicara Microsoft belum lama ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Eurogamer


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.