Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu BeReal, Media Sosial yang Fiturnya Diikuti oleh Instagram?

Kompas.com - 30/08/2022, 11:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram sedang menguji coba fitur baru bernama “Candid Challenges”. Fitur ini memungkinkan pengguna berbagi foto di media sosial dalam waktu yang sudah ditentukan secara acak setiap harinya.

Infomasi ini ditemukan oleh salah seorang pengembang aplikasi, Alessandro Paluzzi di Twitter dengan handle @alex193a, Selasa (23/8/2022).

Dalam unggahannya, Paluzzi mengatakan bahwa fitur Instagram yang baru ini terinspirasi dari BeReal, aplikasi media sosial asal Perancis.

Baca juga: Instagram Uji Coba Fitur IG Candid Challenges, Mirip Medsos BeReal

“#Instagram sedang mengerjakan (fitur) Candid Challenge, yang terinspirasi dari @BeReal_App (aplikasi BeReal). Tambahan “IG Candid” (Anda) ke orang lain melalui Stories. Dan setiap hari di waktu yang berbeda, (pengguna) bakal mendapatkan notifikasi untuk mengambil dan membagikan foto dalam dua menit,” tulis Paluzzi.

fitur baru Instagram yang sedang diuji coba ini dinilai serupa dengan aplikasi media sosial asal Perancis, BeReal.

Hal itu dikarenakan Candid Challenges dan BeReal sama-sama membuat pengguna berbagi foto ataupun video di saat yang bersamaan dalam waktu tertentu yang berbeda-beda setiap harinya.

Lantas, apa itu media sosial BeReal yang diduga fiturnya dicontek oleh Instagram ?

Apa itu BeReal

BeReal adalah aplikasi media sosial asal Perancis yang memungkinkan pengguna berbagi kegiatan keseharian mereka secara real time, alias harus dibagikan saat itu juga.

Setiap pengguna bakal diajak untuk berbagi konten kepada pengguna lain dalam waktu yang berbeda-beda setiap harinya, dan hanya dalam rentang waktu terbatas, seperti dua menit untuk memposting.

Baca juga: Benarkah Screenshot Instagram Bisa Ketahuan?

Aplikasi juga akan menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan, sehingga membuat follower mengetahui pengunggah sedang apa dan berada di mana.

BeReal akan memunculkan notifikasi secara acak waktunya, sekali setiap harinya. Pengguna hanya memiliki waktu membuat konten yang terbatas, yaitu dua menit.

Lewat ciri khasnya yang mampu melakukan pembaruan (update) secara real time, aplikasi ini disebut sebagai bentuk penolakan terhadap citra media sosial sekarang, misalnya memposting konten tanpa harus disunting (edit) atau dipercantik dengan filter sebelum dipublikasikan.

Pengguna seolah "dipaksa" untuk melihat foto atau video hasil unggahan yang kurang sempurna. Sebab, ketika harus mengambil konten dalam kurun waktu dua menit, tidak semua pengguna sedang dalam kondisi yang siap dan rapi.

Di saat yang bersamaan, saat postingan tersebut dipublikasikan, pengguna hanya punya kesempatan untuk menghapusnya satu kali saja dalam sehari.

Punya fitur “Real Emoji”

Selain harus mengunggah foto dalam batasan waktu tertentu, pengguna BeReal juga dapat menikmati fitur lain, seperti memberikan reaksi pada unggahan teman/kerabat pengguna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com