Stok Kartu Grafis Nvidia Melimpah, GeForce RTX 3000 Series Turun Harga di Indonesia

Kompas.com - Diperbarui 31/08/2022, 08:56 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Produsen chip Nvidia mengatakan bahwa pihaknya tengah menangani masalah stok kartu pengolah grafis atau GPU GeForce RTX 3000 Series.

Alih-alih "gaib" atau sulit ditemukan seperti pada 2021 lalu, stok GPU seri tersebut kini dikatakan malah melimpah di pasaran.

Hal ini disampaikan CEO Nvidia Jensen Huang dalam laporan keuangan Nvidia kuartal-II tahun fiskal 2023.

Menurut Huang, masalah kelebihan stok kartu grafis GeForce RTX 3000 Series harus ditangani, setidaknya sebelum perilisan GPU Nvidia generasi berikutnya, yaitu GeForce RTX 4000 Series.

Karena stoknya melimpah, maka secara teori konsumen bakal bisa membeli VGA GeForce RTX 3000 Series dengan harga yang lebih murah, setidaknya lebih terjangkau dibanding harga di tahun 2021 lalu.

Baca juga: Negara Ini Tarik Pajak dari Impor GPU, Dihitung Berdasarkan Kapasitas VRAM

Penurunan harga ini tentunya untuk menghabiskan stok GPU RTX 3000 Series yang ada di gudang, begitu juga di pasaran.

 

Harga VGA Nvidia GeForce RTX 3090 di suatu marketplace di Indonesia Agustus 2022.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Harga VGA Nvidia GeForce RTX 3090 di suatu marketplace di Indonesia Agustus 2022.

Pantauan KompasTekno di beragam marketplace di Indonesia, Selasa (30/8/2022), harga GPU Nvidia GeForce 3000 Series di Tanah Air memang terlihat mengalami penurunan.

Sejumlah distributor resmi nVidia di beberapa marketplace tampak memberi potongan harga.

Untuk GeForce RTX 3090 yang memiliki video memory (VRAM) 24 GB, misalnya, kini dijual dengan kisaran harga Rp 22-24 jutaan, sebagaimana tampak pada gambar di atas.

Padahal pada 2021 lalu, kartu grafis seri ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 30 jutaan di toko-toko resmi yang digandeng Nvidia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.