Bocoran Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 6 Gen 1, Chipset untuk Ponsel 5G Murah

Kompas.com - 30/08/2022, 14:40 WIB

KOMPAS.com - Pabrikan semikonduktor Qualcomm, hingga kini, telah meluncurkan tiga chipset berfabrikasi 4nm di bawah nomenklatur baru. Ketiga chipset itu adalah Snapdragon 8 Gen 1, Snapdragon 8+ Gen 1 (seri 8), serta Snapdragon 7 Gen 1 (seri 7).

Rumor terbaru menyebutkan bahwa Qualcomm bersiap meluncurkan chipset seri 6 (sebelumnya seri 600) dengan fabrikasi 4nm dan skema penamaan baru, yang diyakini bernama Snapdragon 6 Gen 1.

Chipset ini disebut bakal digunakan untuk ponsel 5G di segmen mid-range (kelas menengah) dengan banderol harga yang relatif murah.

Baca juga: Qualcomm Ganti Nama Chip Snapdragon Jadi Lebih Simpel

Bila rumor ini akurat, chipset Snapdragon 6 Gen 1 bakal menjadi suksesor chip Snapdragon 695 yang diperkenalkan pada Oktober 2021.

Kabar kehadiran Snapdragon 6 Gen 1 ini berasal dari pembocor gadget kenamaan, Evan Blass. Dalam sebuah twit di akun ber-handle @evleaks, Evan Blass mengunggah gambar lembar spesifikasi yang diyakini miliki Snapdragon 6 Gen 1.

Bocoran spesifikasi Snapdragon 6 Gen 1

Dari lembar spesifikasi tersebut, Snapdragon 6 Gen 1 diyakini bakal dibangun di atas fabrikasi 4nm dan dibekali CPU Kryo 2,2 GHz dan GPU Adreno. Belum ada informasi terkait jumlah core (inti) untuk chip ini.

Untuk aspek konektivitas, Snapdragon 6 Gen 1 konon dilengkapi dengan modem 5G X62 yang kompatibel dengan mmWave dan sub-6 5G. Sementara di aspek memori, chip ini bakal mendukung RAM LPDDR5 hingga 12 GB yang memiliki kecepatan 2.750 MHz, dengan penyimpanan internal UFS 3.1.

Baca juga: Qualcomm Jadi Sponsor Klub Sepak Bola Manchester United

Bocoran spesifikasi lainnya, chipset Snapdragon 6 Gen 1 diyakini mendukung layar dengan resolusi hingga Full HD Plus serta refresh rate hingga 120 Hz.

Untuk kamera, Snapdragon 6 Gen 1 mencakup prosesor pengolah gambar atau image signal processor (ISP) Spectra 12-bit yang bakal mendukung tiga kamera belakang 13 MP, pengaturan kamera ganda 25 MP dan 16 MP, atau kamera tunggal dengan resolusi 48 MP hingga 108 MP.

Smartphone yang ditenagai oleh Snapdragon 6 Gen 1 juga disebut akan dapat merekam video 4K HDR pada 30 fps dan video slow-mo pada 240 fps pada 720p.

Halaman:
Sumber GSM Arena


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.