Kompas.com - 31/08/2022, 07:45 WIB

KOMPAS.com - Google berencana untuk memudahkan para pengembang menciptakan aplikasi Android yang bisa terhubung dengan mulus ke beberapa jenis perangkat dengan sistem operasi (OS) berbeda.

Untuk merealisasikannya, Google meluncurkan software development kit (SDK) atau serangkaian alat bagi pengembang/developer untuk mengembangkan aplikasi baru.

SDK yang dihadirkan Google kali ini berperan mempermudah pengembang dalam membuat aplikasi Android agar dapat berjalan mulus di lintas perangkat yang menjalankan OS berbeda, seperti iOS atau Windows.

Menurut keterangan Google, SDK ini ditujukan untuk membuat aplikasi berjalan mulus di semua perangkat berbasis Android maupun smartphone non-Android, termasuk perangkat lain, seperti tablet, TV, bahkan mobil, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Download Semua Data dari Akun Google untuk Disimpan sebagai Backup

Terdapat tiga fitur yang bisa dijalankan pengembang dengan memakai SDK baru itu, meliputi kemampuan untuk menemukan perangkat terdekat, membuat koneksi yang aman antarperangkat, serta meng-hosting pengalaman aplikasi pada beberapa perangkat sekaligus.

Fitur-fitur itu bisa dijalankan karena SDK ini memanfaatkan WiFi, Bluetooth, serta konektivitas ultra-wideband untuk menghubungkan beberapa perangkat.

Contoh pengaplikasiannya, dikatakan Google bisa dalam banyak skenario. Misalnya, sekelompok pengguna di sebuah restoran, mereka bisa memesan makanan dan memilih item dari menu yang sama melalui masing-masing perangkat yang berbeda. Jadi, pengguna tidak perlu bergantian memilih menu dari satu perangkat.

SDK baru Google untuk pengembangGoogle SDK baru Google untuk pengembang

Contoh lainnya yaitu ketika pengguna membaca artikel dari ponsel dan menjedanya, kemudian melanjutkan baca artikel dari tablet. SDK ini juga memungkinkan penumpang mobil berbagi lokasi pada peta, dengan sistem navigasi mobil.

Baca juga: Google Kembalikan Ikon Duo agar Mudah Bedakan dengan Meet

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (31/8/2022), SDK ini baru tersedia sebagai preview (pratinjau) untuk pengembang dan sejauh ini baru berfungsi untuk smartphone dan tablet Android saja.

Meski demikian, Google bertujuan memperluas kemampuan ini termasuk untuk perangkat Android dan OS non-Android lainnya, seperti iOS dan Windows.

Halaman:
Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.