4 Solusi Layanan 5G Dipamerkan di DEWG G20 di Bali

Kompas.com - 31/08/2022, 08:15 WIB

KOMPAS.com - Telkomsel memamerkan potensi manfaat jaringan seluler generasi ke-5 (5G) di ajang Digital Economy Working Group (DEWG) ke-4 pada 29-30 Agustus dan Digital Economy Ministerial Meeting (DEMM) pada 1-2 September 2022 di Bali.

Melalui showcase 5G, Telkomsel menghadirkan empat use case yang di antaranya Cloud Gaming, Augmented Reality (AR) Industry, Virtual Reality (VR), dan Artificial Intelligence (AI) Robot.

Pada use case Cloud Gaming, seluruh peserta delegasi mendapat pengalaman menjajal keseruan bermain berbagai jenis game online terbaru menggunakan smartphone dan gamepad dengan dukungan konektivitas andal dan lancar dari Telkomsel.

Baca juga: Telkomsel Perluas Sinyal 5G di Bali Dukung G20

Kemudian use case AR Industry akan memberikan pengalaman kepada peserta dalam mengikuti pelatihan menggunakan engine virtual yang berkaitan dengan kebutuhan industrial, seperti pelatihan panel listrik, mesin motor maupun genset.

Lalu pengunjung dapat menikmati pengalaman imersif pada use case VR seperti bermain game, berwisata virtual menggunakan video 360 derajat, hingga VR edukasi mengenai anatomi manusia dan engineering berupa mobil dan motor balap.

Sementara itu, keunggulan use case AI Robot akan dapat disaksikan secara langsung oleh seluruh pihak saat mendampingi Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI Johnny G. Plate dalam menyampaikan sambutan, memberikan hiburan, hingga berinteraksi bersama Menkominfo pada sesi pembukaan booth ITF.

"Kami memandang showcase 5G ini bagian penting yang harus dioptimalkan dalam menggambarkan bagaimana kesiapan kapabilitas digital yang dimiliki Indonesia," kata Direktur Network Telkomsel, Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (31/8/2022).

Baca juga: Daftar HP 5G Oppo, Xiaomi, Vivo, Samsung, dan Realme yang Mendukung Jaringan 5G Telkomsel

Selain itu, Nugroho juga mengatakan showcase 5G ini sejalan dengan tiga isu prioritas DEWG G20, yang mencakup konektivitas digital dan pemulihan pasca-pandemi COVID-19, literasi digital dan keterampilan digital, serta arus data lintas batas negara.

Melalui showcase 5G ini Telkomsel juga ingin  meningkatkan kepercayaan global, khususnya negara-negara anggota G20 untuk menjalin kerja sama yang holistis di berbagai sektor, serta meningkatkan nilai investasi yang lebih besar.

"Sehingga mendukung Indonesia untuk menjadi pusat investasi ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara di masa depan," kata Nugroho.

Telkomsel sendiri telah melakukan optimalisasi dan perluasan cakupan jaringan 5G dengan menggelar infrastruktur tambahan berupa 24 BTS 5G yang telah menjangkau sejumlah titik gelaran kegiatan G20 di Bali.

Hal tersebut dilakukan guna menghadirkan akses jaringan broadband dan pengalaman aktivitas digital yang prima bagi seluruh delegasi selama mengikuti rangkaian kegiatan hingga puncak kegiatan G20 di Bali pada November 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.