Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Wujud Logitech G Gaming Pesaing Nintendo Switch?

Kompas.com - 31/08/2022, 09:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Logitech bersama dengan studio game Tencent resmi menjalin kemitraan pada awal Agustus 2020 lalu, membuat konsol game genggam (handheld) bernama Logitech G Gaming Handheld.

Belum genap satu bulan pasca-kolaborasi tersebut diumumkan, sebuah bocoran terbaru mengungkap penampakan dari konsol Logitech G Gaming Handheld.

Evan Blass, yang juga dikenal sebagai pembocor kenamaan, belum lama membagikan bentuk nyata Logitech G Gaming Handheld dalam sejumlah foto.

Sayangnya, foto yang diunggah Blass di akun Twitter pribadinya itu langsung di-take down, setelah Logitech mengajukan tuntutan keberatan DMCA (Digital Millenium Copyright Act) kepada Twitter.

Baca juga: Daftar Harga Nintendo Switch di Indonesia Juli 2022

Namun meski telah dihapus, foto-foto Logitech G Gaming itu sudah menyebar luas. Dari foto tersebut, Logitech G Gaming Handheld terlihat memiliki bentuk yang menyerupai konsol Nintendo Switch.

Didominasi warna putih, bodi Logitech G Gaming Handheld tampak dilengkapi dengan beragam jenis kendali, meliputi dua thumstick, tombol navigasi arah (D-pad), serta empat tombol operasi X,Y,A,B.

Konsol ini turut dibekali dengan tombol Logitech, Home, Menu dan tombol opsi, berikut empat tombol lain yang nampak seperti tombol R dan L.

Sedangkan di sisi atasnya, terdapat tombol trigger, volume rocker, tombol mute, serta sebuah slot yang diduga tempat menampung kartu memori (SDCard).

Bocoran gambar yang dibagikan Evan Blass memperlihatkan tampak punggung konsol yang diduga merupakan Logitech G Gaming Handheld.Twitter/@evleaks Bocoran gambar yang dibagikan Evan Blass memperlihatkan tampak punggung konsol yang diduga merupakan Logitech G Gaming Handheld.

Dari segi tampilan, layar Logitech G Gaming Handheld menyuguhkan antarmuka yang terlihat serupa dengan Nintendo Switch.

Baca juga: 10 Konsol Game Terlaris Sepanjang Masa, dari PlayStation 2 hingga Nintendo Switch

Logitech G Gaming Handheld dilengkapi dengan beragam jenis software gaming seperti Xbox Cloud Gaming, Nvidia GeForce Now, serta Steam Remote Play.

Meski belum diketahui secara pasti, Logitech G Gaming Handheld diduga bakal didukung dengan sistem operasi Android. Hal ini diindikasikan dengan munculnya aplikasi Chrome dan YouTube pada halaman utama tampilan layar Logitech G Gaming Handheld.

Diduga kuat bahwa Logitech G Gaming Handheld bakal ditenagai chipset Snapdragon G3x terbaru dari Qualcomm yang diumumkan pada akhir tahun 2021 lalu.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (31/8/2022), chipset ini dilengkapi dengan GPU Adreno yang diklaim mampu menjalankan beragam game mobile terbaru.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Logitech G Gaming Handheld, ada baiknya kita menunggu pengumuman resmi peluncuran konsol yang dijanjikan bakal berlangsung pada akhir tahun 2022 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com