Kompas.com - 31/08/2022, 11:30 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Firma keamanan siber Trend Micro melaporkan bahwa pihaknya menemukan celah keamanan (vulnerability) dalam game populer Genshin Impact versi PC.

Dalam sebuah unggahan di blog resmi, mereka mengatakan bahwa vulnerability yang ditemukan sekitar akhir Juli lalu, digunakan oleh peretas (hacker) untuk mengirimkan ransomware.

Ransomware sendiri program berbahaya yang bisa mengunci perangkat pengguna. Biasanya, akses ke perangkat yang sudah disusupi ransomware bakal dibuka ketika korban membayar sejumlah uang ke peretas yang mengirimkan ransomware tersebut.

Adapun celah yang diincar peretas untuk menyisipkan ransomware ini adalah file driver  bernama "mhyprot2.sys".

Seperti diketahui, driver merupakan suatu sistem yang berfungsi untuk menjalankan berbagai proses yang diperlukan agar sebuah aplikasi atau program bisa bekerja di PC.

Baca juga: Cara Mengatasi Genshin Impact yang Stuck di Loading Screen

Dalam hal ini, mhyprot2.sys bertugas untuk mencegah para pemain Genshin Impact versi PC menggunakan cheat, aplikasi, atau kode-kode terlarang yang bakal mempermudah mereka memainkan game tersebut.

Jika diretas dan diselipi dengan beragam kode berbahaya, maka mhyprot2.sys kemungkinan tidak akan berjalan sesuai dengan fungsinya, dan boleh jadi bisa digunakan peretas tadi sebagai "alat" untuk mengirimkan program berbahaya ke perangkat pengguna.

Pihak Trend Micro melanjutkan, driver mhyprot2.sys tadi bisa diintegrasikan dengan program berbahaya (malware) lain, sehingga peretas bisa melakukan berbagai hal yang mereka mau ke komputer korbannya.

Karena berbahaya dan bisa menyebar ke komputer pengguna melalui malware lainnya, Trend Micro mengatakan pihaknya bakal terus menginvestigasi hubungan mhyprot2.sys dengan sistem file di sebuah PC.

Untuk saat ini, Trend Micro mengeklaim bahwa file driver mhyprot2.sys tidak memiliki anomali kode dan masih memiliki struktur kode yang valid atau sesuai dengan standar Hoyoverse.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.