Kompas.com - 31/08/2022, 11:45 WIB

KOMPAS.com - Dell meluncurkan sebuah perangkat kamera web (webcam) baru bernama Dell Pro Webcam (WB5023) di Indonesia. Webcam tersebut dikalim membawa sejumlah fitur yang akan menunjang kegiatan telekonferensi video, siaran, hingga live streaming.

Salah satunya adalah dukungan resolusi gambar 2K Quad HD (1440 piksel) dan menggunakan sensor Sony STARVIS. Sehingga gambar yang disajikan dapat tetap berkualitas dalam kondisi cahaya apapun.

Selain itu, untuk menyajikan gambar yang lebih akurat dan jelas, Dell turut menambahkan lensa multi elemen ke dalam kamera untuk mengambil banyak cahaya, agar gambar yang dihasilkan bisa lebih jernih.

Baca juga: Cara Mengubah Smartphone Menjadi Webcam untuk Video Call

Dengan memiliki sudut pandang kamera seluas 65,78 derajat, fitur lain yang tersedia terdiri dari Digital Overlap HDR, Facial Detection Auto Exposure, Advanced Image Signal Processing, 3D/2D noise reduction yang diklaim secara otomatis mampu mereduksi bintik-bintik di gambar, dan AI Auto Framing.

Dell Pro Webcam memiliki dimensi 44x92 mm dengan bobot seberat 155 gram. Bentuknya menyerupai tabung yang cukup ramping serta dilengkapi dengan mikrofon bawaan (built-in) disertai fitur noise reduction yang bisa meminimalisir kebisingan dari lingkungan sekitar.

Perangkat tersebut dapat digunakan dengan sistem operasi Windows 10/11 serta macOS. Webcam ini dibekali konektor tipe USB-A (USB 2.0 ke atas) untuk menyambungkan ke monitor/PC, sebagaimana dihimpun dari laman resmi Dell.

Selain itu, webcam ini juga dilengkapi dengan shutter cap atau penutup magnetik untuk privasi, built-in clip mounting yang mudah dipasang di monitor atau laptop, maupun ditempel di tripod.

Baca juga: Penjualan Kamera Digital 2020 Turun Tajam, Webcam Naik

Webcam ini dapat digunakan di semua platform telekonferensi, termasuk Zoom dan Microsoft Teams. Nantinya, pengguna dapat mengatur Field of View atay sudut bidang pandang saat hendak melakukan telekonferensi dengan Dell Peripheral Manager.

Di pengaturan yang sama, pengguna juga bisa mengatur tingkat kecerahan, ketajaman, kontras, dan saturasi gambar sesuai kebutuhan.

Di Indonesia, harga Dell Pro Webcam dipatok Rp 2.290.000 dan sudah mulai bisa dipesan saat ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari keterangan resmi Dell, Rabu (31/8/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.