Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Twitter Circle? Mirip dengan Fitur Close Friend di Instagram

Kompas.com - 31/08/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Twitter terus menambahkan beragam fitur baru yang cukup menarik ke pengguna, salah satunya adalah Twitter Circle. Sebagaimana sempat diwartakan sebelumnya, fitur ini telah memasuki tahap uji coba pada awal Mei lalu.

Saat ini, tampaknya semua pengguna sudah bisa menjajal Twitter Circle. Kendati sudah bisa dicoba, namun sebagian pengguna mungkin masih asing dengan apa yang dimaksud dengan Twitter Circle. Oleh karena itu, berikut adalah penjelasan mengenai Twitter Circle.

Baca juga: Cara Membuat Komunitas Twitter Sendiri dengan Mudah

Apa itu Twitter Circle?

Twitter Circle adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengirim Tweet ke beberapa orang saja secara terbatas. Secara pengoperasian, Twitter Circle bisa dikatakan mirip dengan fitur Close Friend di Instagram.

Sebelum bisa mengirim Tweet secara terbatas, pengguna perlu menambahkan dulu beberapa orang, follower, atau teman ke Twitter Circle. Pengoperasian seperti ini mirip dengan menambahkan teman ke daftar Close Friend di Instagram.

Dengan pengoperasian semacam itu, fungsi Twitter Circle adalah bisa membuat pengguna memiliki opsi untuk berinteraksi atau mengirim Tweet hanya ke orang-orang terpilih tertentu yang dirasa dekat.

Pengguna diberi kebebasan untuk memilih siapa saja yang bisa melihat dan membalas unggahan Tweet darinya melalui Twitter Circle. Dikutip dari laman resmi Twitter, pengguna setidaknya bisa memilih hingga 150 orang untuk masuk dalam Twitter Circle.

Lantas, bagaimana cara menggunakan Twitter Circle untuk bisa mengirim Tweet ke beberapa orang tertentu? Bila tertarik untuk mengetahuinya, silakan simak penjelasan cara menggunakan Twitter Circle di bawah ini.

Cara menggunakan Twitter Circle

Menambahkan orang ke Twitter Circle

  • Langkah awal untuk bisa mengirim Tweet secara terbatas, tambahkan dulu beberapa orang atau teman ke dalam Twitter Circle. Caranya, klik ikon tambah yang berada di halaman beranda Twitter.
  • Kemudian, klik opsi berjudul “Publik” yang berada di samping kanan foto profil. Setelah itu, bakal muncul opsi pengaturan publisitas Tweet, lalu klik opsi “edit” pada “Twitter Circle”.
  • Setelah muncul halaman pengaturan Twitter Circle, klik opsi “Disarankan”.
  • Cari beberapa orang atau teman yang ingin ditambahkan ke Twitter Circle.
  • Daftar orang yang berada di Twitter Circle bisa dilihat melalui opsi “Twitter Circle”. Di opsi inilah, pengguna juga bisa menghapus orang dari Twitter Circle.
  • Untuk diketahui, orang lain tak bakal diberi pemberitahuan bahwa dirinya masuk ke dalam Twitter Circle yang dibuat pengguna. Mereka juga tidak akan tahu siapa saja yang menjadi anggota dalam Twitter Circle.

Ilustrasi cara menambah orang ke Twitter Circle.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menambah orang ke Twitter Circle.

Kirim Tweet ke Twitter Circle

  • Untuk mengirim Tweet ke Twitter Circle, caranya silakan klik ikon tambah yang berada di halaman beranda Twitter.
  • Lalu, klik “Twitter Circle” pada opsi pengaturan publisitas Tweet yang berada di samping kanan foto profil.
  • Terakhir, silakan buat Tweet dan kirim ke Twitter Circle.
  • Tweet yang terkirim ke Twitter Circle hanya bisa dilihat oleh orang-orang di dalamnya.

Ilustrasi cara kirim Tweet ke Twitter CircleKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara kirim Tweet ke Twitter Circle

Baca juga: Cara Mencari dan Gabung Komunitas Twitter dengan Mudah

Cukup mudah bukan untuk menggunakan Twitter Circle? Jika ingin memakainya, pastikan telah memperbarui dulu versi aplikasi Twitter di ponsel melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iOS). Demikianlah penjelasan seputar Twitter Circle, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com