Samsung Pamer Ketangguhan Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4, Ponsel Direndam dan Dilipat Berkali-kali

Kompas.com - 31/08/2022, 16:00 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Samsung merilis sebuah video yang menampilkan proses perakitan duo ponsel lipat terbarunya, Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4.

Video berjudul "Behind the Foldable in Our Pockets" itu berdurasi sekitar 2 menit dan diunggah kanal YouTube resmi Samsung Korea Selatan.

Dalam video tersebut Samsung juga memamerkan serangkaian pengujian terhadap Galaxy Z Flip 4 dan Galaxy Z Fold 4.

Pengujian itu dilakukan untuk memastikan daya tahan dan kekuatan kedua ponsel tersebut. Sehingga Galaxy Z Flip 4 dan Galaxy Z Fold 4 kuat dan aman digunakan sehari-hari.

Supaya tahan dilipat berkali-kali, misalnya, Samsung melakukan pengujian Folding Test. Pengujian ini dilakukan dengan cara melipat dan menutup perangkat tersebut secara berulang-ulang dengan alat dan intensitas yang telah ditentukan.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 4 Disiksa, Dibakar, dan Dibengkokkan, Sekuat Apa?

Ilustrasi Folding Test yang dilakukan Samsung di dalam pabrik perakitan Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4.YouTube/Samsung Ilustrasi Folding Test yang dilakukan Samsung di dalam pabrik perakitan Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4.
Samsung mengeklaim bahwa Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4 kuat dibuka-tutup sebanyak 200.000 kali, atau setara dengan lima tahun apabila pengguna melipat kedua perangkat tersebut sebanyak 100 kali dalam satu hari.

Selain Folding Test, Samsung juga melakukan pengujian "Water Resistance Test" untuk menguji seberapa tangguh Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4 menahan tekanan air.

Ada beberapa skenario yang digunakan Samsung dalam pengujian ini, dua di antaranya adalah menyemprotkan air ke kedua perangkat tersebut dari segala arah, serta menenggelamkan kedua ponsel lipat ini ke dalam sebuah tangki air.

Pengujian Water Resistance Test di pabrik perakitan Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4.YouTube/Samsung Pengujian Water Resistance Test di pabrik perakitan Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4.
Hasilnya, perangkat tampak tangguh dan masih beroperasi dengan normal, meski disiram atau tenggalam di dalam air.

Di atas kertas, Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4 sendiri sudah memiliki sertifikat ketahanan terhadap air dengan IP rating IPX8. Artinya, perangkat ini mampu menahan tekanan air tawar atau air segar di kedalaman lebih dari 1,5 meter dengan durasi maksimal 30 menit.

Baca juga: YouTuber Ini Pasang OS Windows di Samsung Galaxy Z Fold 4

Uji fitur dan fungsi utama ponsel

Selain uji ketangguhan, Samsung juga melakukan beragam uji fitur dan fungsi utama Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4 supaya bisa digunakan dengan normal dan lancar di kehidupan sehari-hari. Beberapa di antaranya mencakup:

Ilustrasi pengujian fitur Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4 di pabrik perakitan Samsung.YouTube/Samsung Ilustrasi pengujian fitur Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4 di pabrik perakitan Samsung.

  • Functional Testing: menguji fitur touchscreen, sensor proximity, S Pen, Samsung Pay, dan lain sebagainya.
  • Network Testing: menguji seberapa tangguh ponsel mentransmisikan sinyal jaringan dan menerima sinyal seluler.
  • Camera Function Testing: menguji beragam fungsi kamera ponsel seperti resolusi kamera, fitur autofocus, zooming, dan lain sebagainya.
  • Wireless Charging Testing: menguji fungsi komponen pengisi daya nirkabel.
  • Flex Mode Testing: menguji fungsi ponsel ketika sedang dalam mode "dilipat setengah" alias Flex Mode dengan tingkat lipatan sesuai sudut derajat yang telah ditentukan.
  • Key Test: menguji kekuatan tombol-tombol fisik yang ada di sekeliling bingkai ponsel.

Nah, penasaran bagaimana Samsung merakit dan melakukan pengujian Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4 di pabriknya supaya tahan lama dan kuat dalam penggunaan sehari-hari? Anda bisa melihatnya melalui video di tautan berikut ini.

Baca juga: Samsung Umumkan Nasib Galaxy Z Fold 3

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber YouTube


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.